Laptop Gaming Apa Kuat Buat Desain.?

Ilustrasi Laptop Sumber : Wana Satria Komputer

Memilih laptop gaming untuk memulai merintis karir di dunia desain adalah hal yang harus diperhatikan. Karena laptop bagi desainer merupakan hal utama. Desain, Layout, belum lagi untuk buka aplikasi yang beratnya minta ampun itu tidak bakal cukup kalau untuk dikerjakan dengan laptop standart. berikut beberapa hal yang mesti diperhatikan bila ingin menggunakan laptop games untuk desaint:

Portabilitas

Apakah kamu seorang desainer grafis yang bekerja di rumah, atau seringkali mondar-mandir untuk bertemu klien, kemudian bekerja menggarap proyek di cafe./ yang perlu kamu pertimbangkan adalah portabilitas perangkat komputasi yang dimiliki. Bila kamu bekerja rumah, maka komputer atau PC Desktop harus menjadi pilihan utama. Namun bila kamu tipe yang beraktivitas di luar rumah, maka laptop sebaiknya menjadi pilihan utama.  Kamu sendiri yang lebih paham apa yang kamu butuhkan. Karena pilihan harus dimulai dari sisi portabilitas perangkat. Dari sini kamu bisa beranjak ke pilihan hardware yang mesti dipertimbangkan.

Pemilihan CPU yang tepat

Kebanyakan software yang diciptakan khusus untuk pekerjaan desain ( anggaplah seperti Adobe InDesign, Photoshop, Illustrator, dan lain sebagainya) memang bakal memakan banyak sumber daya prosessor. Pasar menyediakan lebih banyak pilihan CPU untuk desainer grafis. Dari jajaran prosessor 14nm yang cocok untuk meng-handle pekerjaan berat. Pililah prosessor intel core i5 (bila kamu sedang melakukan pengolahan grafis tingkat menengah) atau intel core i7 ( bila kamu sering melakukan pengolahan grafis yang lebih berat).

Di jajaran CPU AMD, Ryzen hadir sebagai kuda hitam yang bakal memberikan lebih banyak pilihan komputasi untuk meng-handle task-task berat. AMD Ryzen 7 cocok sebagai pilihan, sementara untuk kelas menengah ada Ryzen 5 yang rasanya sudah cukup. Baik Ryzen 5 maupun 7 dibandrol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan prosessor Intel Core i5 maupun i7.

Memilih kartu grafis

Di sinilah letak perbedaan antara komputer/laptop pilihan grafis dan perangkat pilihan desainer grafis seorang desainer grafis tidak selalu membutuhkan VGA card kelas atas. Kecuali pekerjaan desainer grafis berhubungan dengan modeling atau rendering, maka pilihan VGA haruslah yang memang didesain untuk kepentingan tersebut.

Memilih RAM

Seberapa besar kapasitas RAM yang mesti dipilih oleh desainer grafis.? Desainer Grafis membutuhkan perangkat komputasi dengan RAM yang besar. Artinya semakain besar kapasitas RAM, maka semakin banyak proses pengolahan grafis yang bisa ditangani/ seorang desainer grafis membutuhkan RAM dengan kapsitas minimum sebesar 8 GB. Disarankan belilah lebih banyak keping RAM bila kondisi memungkinkan


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url