Membersihkan Debu Pada Kipas Laptop



Pernah nggak sih saat kamu menggunakan laptop kurang dari satu jam, laptop kamu mati secara tiba-tiba karena mesinnya panas berlebihan.? pastinya sangat menyebalkan bukan. Selain membuat aktivitas kamu terganggu. Tentu saja perangkat hardware pada laptop kamu lambat laun akan mengalami kerusakan sebab tidak dapat menanggung suhu yang ekstrim saat laptop dioperasikan. Mengapa demikian.? Berikut pembahasan singkat dari penulis serta cara mengatasinya.

DEBU SI PENGGANGGU 
Debu nggak salah ya. Sebab ia merupakan benda berukuran sangat kecil, membuatnya  begitu mudah untuk terhirup masuk kedalam kipas laptop saat kamu mengoperasikannya. Seiring dengan berjalannya waktu, debu tersebut akan semakin banyak dan menumpuk disela-sela kipas, diatas harddisk. Bahkan menyumbat lubang ventilasi sehingga membuat proses pendinginan tidak dapat berjalan dengan normal, mengakibatkan suhu prosesor meningkat secara drastis.

Hal ini tdak boleh dibiarkan. Memang tidak mudah untuk mengidentifikasi debu yang bersarang didalam leptop. Apalagi untuk laptop dengan body yang paten dan sulit dibuka. Bila tidak diperhatikan secara serius, masalah-masalah terhadap hardware akan mudah sekali untuk muncul. Overheat salah satu permasalahan klasik yang muncul pada laptop.

SOLUSINYA BAGAIMANA.?
Jika casing dari laptop kamu mudah untuk dilepas, hal itu merupakan keuntungan yang besar. Debu-debu yang ada pasti sudah menempel dibagian kipas dan motherborad. Jika sudah begitu, kamu hanya perlu membersihkannya dengan lap kering. Untuk di bagian sela-sela kipas, gunakan semprotan angin (compressed air) agar debu mudah terlepas. Namun perlu diingat, penggunaan compressed air atau kaleng udara dengan hati-hati. Kalau casing laptopnya dibuka bagaimana.?

Nah compressed air bekerja dengan baik disini. Kamu hanya perlu menambahkan udara tersebut melalui ventilasi disisi laptop agar membuka cela udara yang tersumbat. Namun memang pelu kerja ekstra untuk mengeluarkan debu yang berkumpul di sana karena space yang tersedia sangat sempit  untuk compressed air. Kamu bisa menemukannya di toko perkakas terdekat. Solusi lainnya gunakan kompresor untuk kendaraan bermotor. Memang lebih beresiko. Maka tetap harus hati-hati.
Kalau kalian merasakan keluhan laptop panas yang berlebihan ketika mengopresaikan laptop. Maka segera bersihkan kipas laptop, ini salah satu solusi tepat sebaiknya bawah pada ahlinya sebab membongkar laptop butuh skill dan keterampilan yang tepat karena ada banyak komponen kabel kecil yang rawan terputus.  





Next Post Previous Post
4 Comments
  • alchosilber
    alchosilber July 21, 2020

    Hahaha, itu debunya banyak bgt dahhh

    • Badai Timur
      Badai Timur July 25, 2020

      pengaruh tidak secara rutin dibersihkan gan.

  • Blidek
    Blidek January 04, 2021

    Mantap informasinya

    • Badai Timur
      Badai Timur February 28, 2021

      terima kasih kak. semoga bermanfaat

Add Comment
comment url