Hal Perlu Diperhatikan Saat Membeli Laptop Baru

Gambar Salah Satu Laptop Baru
Penulis pernah membahas hal ini ditulisan sebelumnya, bisa dibaca tips "MEMBELI LAPTOP BARU" disini, namun tulisan ini lebih spesifik. Sebagai pembeli yang cerdas, tentunya disaat kita ingin membeli barang yang kita impikan terkadang kita mempertimbangkan banyak hal agar dapat barang yang berkualitas baik dan harga yang sesuai isi dompet. Begitu juga halnya bila ingin membeli laptop baru, kali ini penulis ingin memberikan beberapa hal yang sebaiknya perlu diperhatikan bila ingin membeli laptop apalagi keluaran terbaru :

1. Ukuran
Sebelum memutuskan untuk membeli laptop yang diinginkan pertimbangan ukuran laptop baru yang ingin dibeli. Ukuran layar tentunya akan mempengaruhi ukuran laptop. Sebaiknya pilihlah yang sesuai untuk kalian, bila ingin portabilitas yang tinggi, sebaiknya pililah laptop dengan ukuran yang kecil. Dengan demikian, mobilitas pergerakan kamu lebih mudah berpindah karena dimensinya yang kecil.

2. Jenis dan ukuran media penyimpanan 
Media penyimpanan berjeniskan harddisk memang banyak dipilih pada masa lalu. Meski punya kapasitas super besar, harganya pun tidak begitu mahal. Bandingkan dengan SSD. Meski kecil dan kecang, harganya bisa dikatakan jauh lebih mahal. Sebagai perbandingan harga SSD 128 GB biasanya dua kali lipat  dari harga harddisk. Meski demikian, SSD saat ini lebih banyak dipilih. Alasannya sederhana, SSD memberikan kecepatan yang jauh lebih tinggi ketimbang harddisk.

3. Daya tahan baterai 
Daya tahan baterai menjadi salah satu poin penting yang  perlu diperhatikan saat kamu ingin membeli laptop baru. Rata-rata, laptop yang dijual memiliki daya tahan baterai 6-8 jam.
Harus diakui, ketahanan baterai agak sulit diukur karena tergantung bagaimana dalam memakai laptop itu sendiri, aplikasi yang kita jalankan, serta jenis prosesor yang kita gunakan, karenanya sangat dianjurkan untuk terlebih dahulu membaca berbagai ulasan mengenai laptop yang ingin kamu beli.

4. Kualitas layar
Nyatanya, tidak semua laptop memiliki kualitas layar yang keren. Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk membeli laptop baru, pastikan kamu mengetahui jenis layar yang digunakan, resolusinya, juga sudut pandang penglihatan layar.

5. Konektivitas yang lengkap.
Di zaman seperti ini, kebutuhan akan Wi-Fi sudah pasti menjadi yang utama karenanya, kamu disarankan mencari laptop dengan kelengkapan konektivitas. Selain dibekali dengan koneksi Wi-Fi. Setidaknya, pilihlah laptop yang memeliki tiga buah port USB. Serta tak kalah penting memiliki port pendukung lain seperti LAN dan HDMI/VGA.

6. Prosesor sesuai kebutuhan 
Performa sebuah laptop ditentukan oleh dapur pacu itu sendiri. Salah satu bagian dari dapur pacu adalah prosesor. Ada beragam jenis prosesor yang dijual dipasaran. Yang perlu kamu ketahui adalah prosesor yang seperti apa yang dibutuhkan laptopmu. Sebagai contoh, baik AMD maupun intel sama-sama merek yang dapat diandalkan. Namun, intel terbukti memiliki performa yang lebih baik dibandingkan AMD.

7. Desain laptop
Berbicara laptop, tentu satu hal yang jadi pertimbangan utama yang kita lihat dari sebuah laptop yakni desain. Seiring majunya perkembangan teknologi, laptop pun memiliki berbagai inovasi, terutama dari segi desain. Jika dulu laptop banyak yang berukuran tebal, kini kamu bisa menemukan yang supertipis. Kalau dulu layar dan keyboard menyatu, kini sudah ada model 2-in-1 yang memungkinkan layar dan keyboard bisa dilepas-pasang atau dilipat hingga 360 derajat.

8. Keyboard
Tiap merek laptop memiliki desain keyboard masing-masing. Jika kamu hendak menggunakanlaptop dalam jangka waktu lama, pastikan keyboard itu terasa nyaman di tanagn. Hal ini karena kenyamanan akan berpengaruh terhadap kinerjamu. Yang perlu diperhatikan ialah jarak antar tombol, permukaan tombol, hingga responsivitas saat kamu menekan tombol keyboard.

Selain beberapa hal yang diatas, kamu juga perlu memperhatikan soal garansi, Kapasitas RAM yang dimiliki, serta fitur-fitur pendukung tambahan, kemanan, dan yang terpenting kamu menyesuikan dengan budget. Kamu tidak akan bisa membeli laptop yang kamu inginkan sejak lama bila dana yang kamu miliki tidak mendukung dan sesuaikan laptop yang ingin dibeli denga kebutuhan sehari-hari
Next Post Previous Post
6 Comments
  • BELIDE MS
    BELIDE MS July 15, 2020

    mantap, mampir juga ya

    Lirik 1
    Lirik 2
    Lirik 3
    Chord

    • Badai Timur
      Badai Timur July 17, 2020

      terima kasih banyak. jangan bosan-bosan untuk berkunjung. kami terus berusaha memperbaiki kualitas blog kami.

  • satuparagraf
    satuparagraf July 15, 2020

    Bisa menjadi refrensi soalnya laptop yang sekarg eror-eror

    • Badai Timur
      Badai Timur July 17, 2020

      terima kasih gan

  • Official n_muf
    Official n_muf July 15, 2020

    Mantap
    Mampir juga yuk
    https://mufidahnurul9.blogspot.com/2020/04/5-rahasia-orang-sukses-terbaru-2020.html

    • Badai Timur
      Badai Timur July 17, 2020

      terima kasih banyak gan. kritik dan saran kami harapkan untuk penyempurnaan tulisan ini

Add Comment
comment url