Rahasia Dibalik Biji Alpukat


       Diantara kita pasti sering makan buah alpukat kadang dimakan langsung atau dibuat jus. ya buah yang populer dari negara Meksiko ini memiliki nama latin Persea Americana merupakan salah satu buah favorit.
        Namun pernahkah kita kefikiran untuk menfaatkan bijinya  Setelah membaca artikel ini, pastikan Anda tidak membuang biji alpukat dan olah sesuai kebutuhan.
Menurut studi, biji alpukat mengandung 70 persen nutrisi yang dikandung buahnya. Maka tidak heran jika kini semakin banyak orang yang tidak membuang biji alpukat dan justru menyimpannya untuk kemudian diolah agar mendapatkan manfaat yang terkandung di dalamnya.
           
Buah Alpukat. Images Google

Biji alpukat yang berwarna cokelat dan bertekstur keras itu mengandung antioksidan, fenolik dan serat yang jauh lebih tinggi dari daging buahnya. Dengan fakta tersebut, maka tidak heran jika semakin banyak orang yng ingin tahu lebih lanjut mengenai Rahasia dibalik biji alpukat
1                       MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH
Biji alpukat mengandung zat antioksidan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, membantu regenerasi sel dan melawan zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Jika kita mengonsumsi alpukat tidak hanya buahnya, namun juga bijinya, maka tubuh kita akan semakin siap berperang melawan gangguan-gangguan kesehatan.

Buah Alpukat. Images Google
            MENURUNKAN TEKANAN DARAH
Kalium yang dikandung oleh biji alpukat sama besarnya dengan yang dikandung daging buahnya. Kalium ini berfungsi untuk melenturkan pembuluh darah dan arteri yang tegang, sehingga bisa mengatasi hipertensi yang kita alami. Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, seperti jantung dan stroke. Oleh karenanya harus segera diatasi dengan baik.
                       MENCEGAH KANKER
Kandungan flavonoid di dalam biji alpukat menjadikannya sebagai anti kanker yang mujarab. Tidak hanya daun dan buahnya, bijinya pun memiliki kadar flavonoid yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, saat ini obat untuk kanker belum banyak ditemukan. Maka, hal terbaik adalah melakukan pencegahan dengan cara rutin mengonsumsi alpukat, baik itu daging, biji maupun daunnya.
                     MERAWAT RAMBUT
Selain diolah menjadi scrub atau lotion, biji alpukat juga bisa diolah menjadi pasta atau masker. Oleskan masker itu pada rambut yang basah untuk menjaga ketebalan, kehalusan dan kekuatan rambut. Masker rambut dari biji alpukat ini juga efektif menghilangkan ketombe serta mengatasi rambut berminyak. Diamkan kurang lebih tiga puluh menit dengan cara menutup rambut menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat. Lalu bilaslah hingga bersih.
                         MENGATASI SAKIT GIGI
Gigi berlubang tidak hanya menjadikan kita susah makan karena sisa makanan seringkali masuk ke dalam lubangnya, namun juga menghadirkan sensasi rasa sakit yang bisa merajalela hingga ke bagian tubuh lainnya. Tumbuk biji alpukat hingga halus, lalu taruh di dalam gigi yang berlubang. Rasakan hasilnya beberapa saat kemudian.
                        MENYEHATKAN PENCERNAAN
Serat yang dikandung biji alpukat jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan daging buahnya. Dengan mengonsumsinya secara rutin, kita bisa terhindar dari masalah sembelit. Metabolisme tubuh pun akan berjalan dengan baik dan sistem pencernaan kita pun semakin sehat.
                         MENURUNKAN KOLESTEROL
Tidak hanya daun dan buah alpukat yang mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, biji alpukat pun ternyata jika diolah dengan tepat bisa membantu menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol yang tinggi bisa mengakibatkan banyak gangguan kesehatan, seperti jantung dan stroke. Oleh karenanya sebelum mengarah pada penyakit yang lebih serius, kolesterol yang terlanjur naik harus segera diturunkan.
          Demikian sedikit pembahasan penulis mengenai rahasia dibalik biji alpukat. Bila tulisan ini memberikan manfaat bagi pembaca jangan lupa sebarkan agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui manfaat yang terkandung dalam biji alpukat.



Next Post Previous Post
3 Comments
  • Aorlin
    Aorlin March 13, 2019

    Setelah membaca artikel diatas dengan cepat nan seksama, yang ingin Aorlin.com adalah cara mengkonsumsi biji alpukat itu gimana gan??

  • Abdul Majid
    Abdul Majid March 15, 2019

    Banyak juga manfaatnya iya. Cuman ane nggak suka alpukat. Hehehehe. Nggak tahu kok setiap makan alpukat bawaannya mau muntah aja.

  • BS
    BS March 30, 2020

    Good News and Informaton. Thanks for another wonderful post

Add Comment
comment url