Hal Perlu Diperhatikan Agar Charger Laptop Lebih Awet




charger laptop
beberapa hal yang perlu diperhatikan agar charger tahan lama. Charger  merupakan salah satu komponen penting sebagai salah satu pemasok daya ke laptop /notebook. selain baterai laptop itu sendiri. Terkandang tanpa kita sadari kita melakukan beberapa kesalahan dalam menggunakan charger, sehingga menurunkan kinerja charger dan akhirnya membuat charger itu rusak. Berikut ini penulis berikan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar charger  laptop/notebook kita tahan lama :

1. Perhatikan seksama kondisi charger  pada saat pertama kali kita beli
bila kita membeli laptop/notebook baru maupun second jangan lupa selalu mengecek kondisi semua komponen laptop/notebook termasuk charger. Biasakan untuk bertanya kepada penjual/atau pemilik laptop notebook yang akan kita beli apakah charger itu tidak memiliki masalah sebelumnya.

2. Jangan menggunakan charger yang tak sesuai dengan merk laptop yang kita punya
salah satu kebiasaan kita yang dapat mengakibatkan charger  tidak tahan lama. Seringnya kita menggunakan Charger yang  beda dengan laptop yang kita punya. Memakai Charger  yang berbeda dengan laptop kita dapat berakibat charger mudah rusak karena adanya perbedaan daya bahkan jika tegangan outputnya sama, arusnya mungkin beda.

charger laptop merk acer
3. Caslah laptop sebelum daya baterai habis
biasakan jangan mencharger laptop dalam keadaan mati total sebab pada saat pengisin daya kembali akan memerlukan aliran listrik yang begitu besar. Sehingga berakibat kinerja Adaptor berat dan membuat adaptor mudah rusak.

4. Jangan meninggalkan  laptop yang sedang dicharger  terus - menerus 
Bila baterai laptop telah penuh segera lepaskan kabel charger dari laptop jangan biarkan tercharger dalam waktu lama.

5. Letakkan charger di tempat aman 
Letaklah charger pada tempat yang dirasa aman agar menghindari charger dari hal-hal yang tidak dinginkan 

6. Biasakan Menggulung Kabel dengan Baik dan Benar
kamu perhatikan dengan baik. Menggulung kabel mungkin maksudnya baik yaitu untuk merapikan keadaan charger ketika hendak disimpan atau tidak digunakan. Namun kenyataannya, hal sangat beresiko bila kamu menaruhnya didalam tas biasanya kabel akan tertekan dan tertindih dengan bawaan tas. Jika kabel tertekuk dan kamu membiarkannya begitu saja, bisa saja kabel bagian dalam menjadi putus khususnya pada bagian kabel yang terhubung ke adaptor. Jika hal ini terjadi, charger kadang bisa mengisi dan kadang tidak. Kamu tidak mau hal ini terjadi bukan.?
Gulunglah kabel dengan hati-hati, agar kabel tidak tertekuk dan jangan melilitkan pada adaptor serta jangan menggulung kabel dengan sangat kencang 

Demikan beberapa kiat merawat charger laptop agar tetap awet lama yang bisa saya bagikan. Tulisan ini  berdasarkan hasil pengalaman pribadi dan beberapa teman. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi pembaca. bila pembaca memiliki kiat lain dalam  merawat charger agar tahan lama dapat menuliskan di kolom komentar. 










Next Post Previous Post
9 Comments
  • read and write
    read and write March 11, 2019

    Mantap rekomended lah buat ane n teman2 ane gan.. Nice post.. Thanks

    • Badai Timur
      Badai Timur March 19, 2019

      terima kasih gan telah berkunjung.

  • Indra Aditya
    Indra Aditya March 15, 2019

    kalo misalnya sering di carger sambil di pake itu efeknya apa ya ?

    • Badai Timur
      Badai Timur March 19, 2019

      dapat merusak baterai laptop/notebook itu sendiri dan dampak jangka panjangnya dapat merusak mesin laptop/ notebook itu sendiri

  • Admin
    Admin March 21, 2019

    sip artikel http://duduksantaijo.blogspot.com

  • opie kumis
    opie kumis March 28, 2019

    siap untuk di coba gan, semoga work.btw sangat membantu.
    salam hangat www.teknologivirals.online

  • Ari
    Ari January 08, 2020

    tipsnya menarik jadi gharger bisa awet dan tahan lama
    printer thermal

  • Abdul Majid
    Abdul Majid April 27, 2020

    Sebaiknya charge laptop saat tidak dipakai. Dan bila sdh terisi penuh sebaiknya dicabut. Ini adalah salh satu cara menjaga agar laptop dan charge tetap awet. Makasih infonya.

    • Badai Timur
      Badai Timur April 27, 2020

      kritik dan saran salalu diharapkan demi meningkatkan kualitas postingan blog kami

Add Comment
comment url