Memilih Memori RAM Yang Baik



Memori RAM merupakan salah satu komponen yang begitu penting bagi Laptop dan Notebook Kita selain hardisk, RAM sendiri Singkatan Random Access Memory. Adapun fungi RAM merupakan tipe penyimpanan komputer yang dapat diakses dalam waktu tetap. Namun RAM merupakan jenis tempat penyimpanan data sementara dimana saat komputer atau latop mati maka data yang tersimpan dalam RAM akan hilang kembali. memori RAM memiliki jenis dan slot yang berbeda.

RAM sendiri memiliki bentuk 1 keping PCB dan memiliki banyak komponen sirkuit terpadu (IC) pada kedua sisi. RAM sendiri memiliki beberapa jenis yakni RAM Desktop PC, Notebook/Laptop dan juga RAM Server dan tipe seperti yang kita kenal RAM tipe DDR 1, DDR 2, dan DDR 3 dan DDR5. Untuk kapasitas RAM tersedia kapasitas mulai dari 128 mb, 256 mb, 512 mb, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 16 GB, hingga 32 GB. Namun kebanyakan RAM yang beredar dipasaran adalah RAM 2 GB dan 4 GB.
Disamping itu jenis RAM untuk komputer dan laptop juga berbeda. Dimana RAM untuk laptop dikenal dengan nama SODIMM, sedangkan RAM untuk PC/ Komputer dikenal dengan nama DIMM. RAM memiliki peran penting untuk membuat komputer nyala dan beroperasi. Karena jika tidak ada RAM maka komputer ataupun laptop tidak akan bisa menyala dan beroperasi.
Berikut ini penulis berikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih RAM agar kenirja Laptop.,PC maupun Notebook lebih maksimal.
Ø Pilih memori RAM yang sesuai dengan spesifikasi dekstop PC anda. Seperti jika motherboard PC anda mendukung dual channel, maka pilihlah RAM yang memiliki jumlah ganda.
Ø Sebaiknya pilih 2 buah memori dengan kapasitas 2GB dari pada hanya membeli 1 buah memori RAM berkapasitas 4 GB.
Ø Pilihlah merk RAM yang memiliki reputasi baik dalam layanan penjualan, seprti merk RAM terbaikAvexiar, Corsair, Hynix, Kingmax, Kingston, Samsung, Team Dark, V-Gen, Visipro, dll. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai vendor RAM terbaik ini dengan mencari sejumlah service center yang telah lama memiliki garansi dan sudah banyak dikenal luas oleh para pengguna komputer.
Ø Jangan memilih memori dengan chip yang aneh dan RAM yang tidak jelas. Pilihlah Ram yang sudah terpercaya seperti infineon, visipro, samsung, dan lainnya bisa menjadi referensi. Pemilihan Ram dengan chip yang aneh sangat disarankan karena ada beberapa motherboard yang menyarankan menggunakan chip tertentu untuk dukungan kesesuaian.
Ø Komputer yang memiliki sistem RAM dual channel memiliki performa yang jauh lebih baik.
Ø Jangan memilih memori RAM yang tidak dalam kemasan. Meski berlabel ternama namun memori tray atau tidak dalam kemasan ini memiliki tingkat kerusakan yang tinggi, ditambah lagi resiko data corrupt yang tinggi akibat chip rusak sehingga akan beresiko membuat gangguan eror pada dekstop PC.
Ø Pilih memori dengan angka latency yang rendah
Ø Pilihlah memori dengan slot yang sama, karena jika tidak sama maka memori RAM tidak dapat digunakan
Ø Jangan lupa perhatikan pula kapasitas maksimal ukuran memori RAM dekstop PC anda.

Sumber tulisan : Tips Cara Memilih Memori RAM Terbaik Untuk PC dan Laptop


Next Post Previous Post
9 Comments
  • Fujiana Kreesty
    Fujiana Kreesty March 07, 2019

    nice info kang buat artikel tipe-tipe RAM dong kang
    jangan lupa berkunjung juga www.victory-komputer.com

    • Badai Timur
      Badai Timur March 07, 2019

      terima kasih kang masukannya. siap kang.

  • Abdul Majid
    Abdul Majid March 11, 2019

    Tpsnya bagus dan sangat bermanfaat. RAM harus disesuaikan dengan spesifikasi desktp kita. Krn itu akan mempengaruhi kinerja dari desktop kita. Terima kasih

    Monggo singgah di www.abdulmajid.id

    • Badai Timur
      Badai Timur March 17, 2019

      terima kasih pak masukannya. tulisan di web bapak informatif dan memberi banyak pengetahuan baru.

  • read and write
    read and write March 11, 2019

    Rekomended gan. .Good post

  • Isat Jerry
    Isat Jerry March 15, 2019

    Wah, bisa jadi referensi saya dalam mencari RAM,,,ada rencana mau nambah ram laptop saya gan, makasih ulasannya https://www.nyampling(.)com

  • Indra Aditya
    Indra Aditya March 17, 2019

    hmm,, bagus juga sarannya lumayan dapat ide buat upgrade laptop nih hehe

  • ANEKA CARA BLOG
    ANEKA CARA BLOG March 20, 2019

    Sangat perlu sekali info ini. Soalnya pengaruh ke kinerja perangkat lunak yang digunakan.

    • Badai Timur
      Badai Timur March 20, 2019

      Terima kasih gan. telah berkunjung. di tunggu kritik dan sarannya untuk penyempurnaan tulisan ini kedepannya.

Add Comment
comment url