Giat Memilih Laptop Gaming




Laptop Gaming : Images  by Google
Dewasa ini, banyak orang yang menggunakan laptop untuk bermain game. Berbagai jenis laptop gaming sering kita jumpai di beberapa toko komputer.
Biasanya laptop gaming mempunyai harga yang relatif mahal dengan spesifikasi yang bisa dibilang memang cocok untuk bermain game. Melalui artikel berikut, saya akan berbagi tips bagaimana cara memilih laptop gaming dengan benar.
Banyak orang yang mengklaim bahwa untuk urusan gaming, lebih baik menggunakan PC daripada laptop. Saya rasa asumsi tersebut tidaklah salah, mengingat PC sendiri mempunyai banyak kelebihan dalam urusan gaming ketimbang laptop, Salah satu kelebihan yang dimiliki PC adalah kemudahannya dalam hal upgrade perangkat keras komputer.
Tidak kalah dengan PC, laptop juga mempunyai nilai plus tersendiri dalam urusan gaming. Salah satunya adalah simple, efisien, dan mudah dibawa kemana-mana. Jadi anda bisa bermain game dimanapun, entah itu di sekolah, kampus, ataupun kafe. 
laptop Gaming : Sumber Gambar (10 Cara memilih Laptop Gaming)
Mempunyai laptop gaming tidak harus dengan harga mahal. Jika anda mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli laptop gaming, tidak menutup kemungkinan anda bisa mendapatkan laptop gaming dengan harga yang murah, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan bila ingin membeli sebuah laptop untuk gaming :

    1.    Dana / Budget
Sebelum membeli, cara memilih laptop gaming yang paling utama adalah mempersiapkan dananya terlebih dulu. Dana untuk membeli laptop gaming cukup tinggi. Umumnya mulai 10 jutaan ke atas. Nah, jika Anda punya estimasi dana dibawah 10 juta sebaiknya pikir-pikir dulu. Kalau tidak menabunglah terlebih dulu. Jika Anda tidak mempermasalahkan dana untuk membeli laptop gaming, maka poin ini tidak perlu Anda perhatikan. Tentu saja karena Anda bisa memilih laptop gaming terbaik dan sesuai dengan Anda tanpa memperhitungkan harga.

    2.  Perhatikan seri chipset VGA, bukan besar memory VGA
Kesalahan yang sering dilakukan orang ketika hendak membeli laptop gaming yaitu lebih memperhatikan besar memory pada VGA atau VRAM daripada seri chipset pada VGA tersebut. Padahal yang yang perlu diperhatikan adalah seri chipsetnya, bukan besar memorynya. Berbeda dalam hal desain grafis, VRAM sangatlah penting tetapi dalam gaming tidak terlalu dibutuhkan.
Agar lebih mudah memilih VGA yang pas buat gaming, perhatikan seri chipsetnya. Misalkan NVIDIA GeForce GT 720M, cara membacanya sebagai berikut :
Digit pertama menunjukkan generasinya, artinya VGA tersebut generasi ketujuh
Digit kedua dan ketiga menunjukkan tingkatan kelas atau performanya, semakin tinggi angkanya semakin bagus performa suatu VGA.
Yang paling utama yaitu digit kedua dan ketiga, misalkan Nvidia GeForce GT 720M performanya dibawah Nvidia GeForce GT 635M tetapi GT 635M teknologinya lebih canggih karena generasinya lebih baru. Seri chipset VGA yang saya jadikan contoh di atas merupakan seri chipset VGA versi mobile, bukan versi dekstop.

    3. Jangan mengabaikan peran processor
Banyak orang yang lebih memprioritaskan VGA daripada Processor ketika hendak membeli laptop gaming. Mereka cenderung memilih VGA yang sangat bagus performanya tetapi tidak di imbangi dengan processor yang bagus pula.
Hal tersebut tidaklah salah, tapi perlu diperhatikan bahwa peran processor tidak bisa dianggap sebelah mata lagi, dikarenakan semakin banyak game yang melakukan berbagai perhitungan kompleks pada processor.
Selain itu, Banyaknya inti/ core yang dimiliki oleh processor dapat memperingan proses rendering yang dilakukan oleh VGA. Saya sarankan memilih laptop dengan processor non ULV, karena processor seri ULV kurang bagus untuk gaming.

    4.  Garansi Laptop
Poin terakhir untuk cara memilih laptop gaming yang perlu Anda perhatikan adalah garansi dari laptop tersebut. Tiap produsen laptop memiliki masa garansi yang berbeda-beda. Ada yang garansinya hanya 1 tahun. Jika Anda takut laptop Anda rusak dalam 2 tahun ke depan, carilah laptop gaming dari vendor yang menawarkan garansi 2 tahun lebih.

Demikian pembahasan penulis mengenai hal yang perlu diperhatikan dalam membeli Laptop untuk kebutuhan Gaming. Bila pembaca memiliki tips lain. Dapat ditambahkan melalui kolom komentar untuk kesempurnaan tulisan ini kedepannya.  



Next Post Previous Post
2 Comments
  • anjaflasher
    anjaflasher March 08, 2019

    nice info min,mini bngt nih temp nya.sukses sllu min,jngn lupa mampir ya min

    • Badai Timur
      Badai Timur March 09, 2019

      terima kasih gan telah berkunjung. kalau boleh minta linknya gan.

Add Comment
comment url