Tanda Kerusakan Berakibat Fatal Ke LCD Laptop


Berapa kali dalam sebulan kamu mengecek Kondisi Laptopmu.?  Meskipun kelihatan baik-baik saja laptop haruslah sesering mungkin dicek kondisinya agar bisa dipergunakan secara maksimal, bila salah satu komponen baik hardware maupun software mengalami masalah dapat berakibat  terganggunya aktivitas  pada pengguna laptop. LCD  Salah satu komponen penting yang menjadi bagian sistem ouput dari sistem yang begitu rumit menjadi simpel. Berikut ini penulis berikan ciri-ciri LCD Laptop yang Rusak :

1. Layar Flicker atau bergoyang 
Biasanya banyak terjadi pada laptop yang terlalu banyak dilakukan gerakan buka tutup pada laptop. Flicker disini adalah kondisi dimana LCD menampilkan garis yang sangat banyak maupun kondisi dimana LCD akan menampilkan tampilan yang abstrak serta diikuti dengan tampilan yang bergetar.

2. Adanya Goomy 
Nah tanda ini biasanya tidak selalu terlihat sekilas kadang kita bisa melihat goomy pada sudut layar yang berbeda, misalnya dilihat dari samping akan terlihat. Goomy itu sendiri adalah bercak putih yang terdapat pada layar. Bercak putih ini terlihat begitu terang bila dibandingkan dengan bagian LCD lainnya.

3. LCD bergaris  
Biasanya ditandai dengan garis yang vertikal dan adapula yang horizontal. Tanda yang satu ini mudah terlihat bahkan akan sangat nampak. Bila masalah ini tidak segera diatasi akan menjadi kerusakan yang permanen atau artinya jika sekali saja terjangkit dengan adanya LCD yang bergaris maka ada secara terus menerus dan tidak bisa dihilangkan. Namun, garis ini bisa saja berubah, saat pertama hanya akan muncul satu garis tipis baik itu vertikal maupun horizontal.

4. Tampilan Artifact pada LCD
Kerusakan yang sangat jarang namun bisa saja terjadi pada salah satu perangkat hardware laptop. Kerusakan yang ditandai ketika tampilan pada layar berbentuk kotak-kotak ataupun huruf pada karakter tertentu yang muncul dan memenuhi seluruh tampilan pada layar, dan bahkan bisa saja tampilan pada layar menjadi tidak terlihat sama sekali, hal tersebut sangat menyebalkan.

5.  LCD Blank 
Ini merupakan kerusakan parah dan juga kasus yang sering terjadi oleh para pengguna laptop, baik yang murah sampai level medium sekalipun. Adapun satu hal ini juga bisa menjadi kerusakan yang sering terjadi yaitu dimana LCD tidak menampilkan aktivitas ataupun tampilan apapun.

Demikianlah pembahasan penulis mengenai gejala atau tanda kerusakan pada LCD laptop dari yang ringan sampai yang paling parah.  Rutin melakukan pengecekan setiap komponen pada laptop kamu agar dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi. 

Next Post Previous Post
2 Comments
  • RDF
    RDF May 26, 2020

    Keren artikelnya...
    Update terus min, btw ane juga punya masalah LCD laptop, warnanya jadi pink :v

    regard: Ragam-Pena

    • Badai Timur
      Badai Timur June 28, 2020

      terima kasih gan. mungkin LCDnya keseringan tertindis benda berat atau benda yang dimasukkan ke dalam tas bersamaan dengan Laptop agan. coba cek fleksibelnya gan

Add Comment
comment url