Melek Literasi Melalui Blog


Era keterbukaan informasi saat sekarang arus penyebaran berita palsu (Hoax) begitu mudah diterima masyarakat, terlebih minat literasi di kalangan masyarakat saat ini tergolong masih rendah. Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019. Indonesia menempati peringkat  ke 62 dari 70 negara, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah, sangat tertinggal jauh bila dibandingan dengan negara di kawasan Skandinavia sebut saja Norwegia, Finlandia. 


Contoh sederhana bisa dilihat ketika menerima pesan berantai dari WhatsApp berupa berita atau tautan link, banyak diantara kita langsung meneruskan berita tanpa terlebih dahulu Memeriksa dengan teliti kebenaran informasi yang diterima. Bukan hanya itu, terkadang ini pula dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab dengan melakukan pencurian data pengguna media sosial dengan mengirimkan link tautan yang berisi situs phising kepada calon korbannya. cukup sekali klik maka segala data penting pengguna internet bisa diambil dengan mudah.

Ilustrasi Pesan Penipuan  Melalui WhatsApp Sumber : Doc Pribadi 

Berawal dari pelatihan jurnalistik dasar yang diadakan salah satu organisasi ketika masih di bangku perkuliahan, penulis mulai tertarik dunia literasi. Berbekal ilmu dasar yang diperoleh serta semangat masih menggebu gebu penulis memulai membuat blog dengan tampilan sederhana, menulis artikel dengan bahasa yang santai. Sebagai seorang pemula saat itu, penulis hampir tiap hari mengotak-atik tampilan blog mengikuti selera yang sewaktu-waktu berubah, rutin berselancar dari satu blog ke blog lain "blogwalking", saling bertukar link blog sesama blogger "backlink", belajar istilah-istilah blog yang belum pernah penulis dengar sebelumnya. 


Mengembangkan Diri Dengan Bergabung Dengan Komunitas Blog

Untuk lebih memperdalam pemahaman dan  pengetahuan mengenai blog, penulis bergabung dengan beberapa komunitas blogger yang ada di Indonesia, satu diantaranya Komunitas Bloggercrony IndonesiaBloggercrony  Community salah satu komunitas tempat kumpulnya Blogger Indonesia dari Sabang sampai Merauke dengan berbagai latar belakang pendidikan serta profesi. 

Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.

Komunitas ini begitu aktif memberikan edukasi-edukasi baik melalui feed, story reels Instagram, feed, story Facebook, mengadakan live dengan berbagai narasumber dengan topik yang menarik seputar blog. Dan untuk lebih meningkatkan skill serta kemampuan para member, Bloggercrony Community mengadakan kelas-kelas pelatihan serta event-event menarik diantaranya BloggerHangout, Bloggercare, Bloggerview. Dengan beragam kegiatan yang rutin diadakan menjadikan Komunitass Bloggercrony layaknya  keluarga besar.

Logo Komunitas Bloggercrony Sumber : Blogger Crony

Bergabung dengan Bloggercrony Community penulis merasakan banyak perubahan positif diantaranya artikel yang diterbitkan, penulis berupaya menggunakan tata bahasa sesuai kaidah-kaidah EYD serta sesuai dengan KBBI. Bloggercrony Community tempat bersilaturahmi saling mengenal  sesama anggota dengan mengunjungi blog (blogwalking) yang mereka kelola, tak lupa saling follow media sosial agar tidak ketinggalan info menarik yang dibagikan.

Bloggercrony Community layaknya rumah bagi Blogger Indonesia 

Semenjak Mengenal Bloggercrony penulis mulai membiasakan diri ikut ambil bagian dalam lomba blog yang diadakan oleh komunitas, organisasi. Hal ini untuk meningkatkan kepercayaan diri penulis, meningkatkan semangat menulis dan pastinya membuat penulis merasa #BanggaJadiBlogger

Di samping itu, hal paling penting penulis rasakan lebih mudah menyaring informasi yang diterima dari teman atau orang lain melalui link atau situs web, cukup mengamati alamat web, tampilan web, gaya bahasa yang digunakan maka akan sangat mudah mengetahui kebenaran informasi.

Di era digital saat ini blogger ikut berperan aktif  dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menerbitkan konten-konten yang edukatif

Blogger Sebagai Agen Perubahan 

Semakin berkembangnya kemajuan teknologi saat ini, tindak kejahatan dengan menggunakan teknologi pun makin marak terjadi. Dengan memanfaatkan  kelemahan sebagian masyarat kurang mencerna informasi yang diterima. Terlebih bila diiming-imingi hadiah dari undian  dengan terlebih dahulu mengirim sejumlah uang padahal undian itu tidak pernah diadakan. Kasus seperti ini sudah sangat sering terjadi dengan kerugian yang tidak sedikit. Seorang Blogger perlu mengambil peran di tengah-tengah masyarakat sebagai agen perubahan dengan memberikan edukasi-edukasi melalui artikel blog diterbitkan, postingan di media sosial informatif serta ikut aktif mengkampanyekan melek literasi pada masyarakat luas. Terlebih saat sekarang kita memasuki era Literasi Digital.


Dapatkan info-info menarik seputar aktivitas Komunitas Bloggercrony Indonesia dengan menfollow akun Instagram resmi @bloggercrony serta Twitter resmi @bloggercrony. Bila Pembaca ingin menjadi bagian Komunitas Bloggercrony  info lebih lanjut   di sini.


Next Post Previous Post
40 Comments
  • Purwanto
    Purwanto August 09, 2022

    Ngeblog memang asyik ya mas, banyak manfaatnya. Gabung di komunitas blog yang sesuai dengan kita juga banyak manfaatnya.

    • Badai Timur
      Badai Timur August 10, 2022

      iya mas, makin banyak ilmu baru yang bisa kita dapatkan dan juga link pertemanan juga bertambah

  • yayan abdhi
    yayan abdhi August 09, 2022

    Baru tahu ada komunitas bloggercrony, saya tidak pernah join komunitas yang sering adakan lomba menulis blog. Semoga suatu saat bisa join komunitas tersebut.

    • Badai Timur
      Badai Timur August 10, 2022

      coba follow akun instagram bloggercrony biar tidak ketinggalan info-info menarik

  • Jastitah
    Jastitah August 10, 2022

    Waah seru yaa tergabung dalam komunitas bloggercrony! Pastinya banyak manfaat yang didapatkan. Terimakasih sudah sharing

    • Badai Timur
      Badai Timur August 10, 2022

      sama-sama kak, yuk mari saring mengenal di komunitas bloggercrony

  • InfoQu
    InfoQu August 10, 2022

    wah menarik, aku jadi pengen ikut gabung juga. soalnya komunitas blogku masih sedikit banget :(

    • Badai Timur
      Badai Timur August 10, 2022

      ayoo kak, biar makin banyak jaringan dan banyak pula ilmu yang bisa diperoleh

  • dewi sartika
    dewi sartika August 10, 2022

    saya pribadi berusaha untuk melatih diri agar rutin nulis tiap hari meski seringkali rmengalami mood atau malas. Ya, semoga saja sejak memutuskan punya blog, saya bisa rajin publish tulisan.

    • Badai Timur
      Badai Timur August 10, 2022

      tetap semangat mba, yuk gabung lebih banyak komunitas biar makin bertambah ilmu serta ide ide baru

  • lendyagasshi
    lendyagasshi August 11, 2022

    Salah satu yang aku suka dari aktivitas nge-blog adalah ketika saling BW, kita diminta untuk saling meninggalkan komentar positif setelah melakukan aktivitas membaca. Dan membaca tulisan dari banyak blogger hits membuatku sedikit banyak menjadi selalu update berita-berita terkini.

    Di bawah payung Blogger Crony, semoga para blogger semakin giat membaca, menulis dan menebarkan kebaikan melalui tulisan based on fact bukan hoax atau opini pribadi yang meresahkan.

    • Badai Timur
      Badai Timur August 11, 2022

      iya mba, kegiatan BW juga membuat kita saling mengenal bloger-blogger lain serta ada pemahaman baru yang kita dapatkan.

      mari sama sama memberi manfaat bagi orang banyak dari tulisan-tulisan yang kita terbitkan

  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma August 11, 2022

    komunitas yang sehat adalah komunitas yang anggotanya saling mendukung satu sama lain dalam kegiatan yang positif. Setelah serius ngeblog saya senang dapat bergabung di beberapa komunitas, dimana anggotanya saling mendukung
    belum bergabung dengan bloggercrony, terima kasih infonya tentang bloggercrony ya

    • Badai Timur
      Badai Timur August 11, 2022

      sama mba, bergabung dengan beberapa komunitas blog membuat kita bisa berkembang sebab dukungan dari sesama anggota untuk terus belajar. yuk mba mari sama sama belajar di komunitas bloggercrony.

  • Pipit ZL ceritaoryza.com
    Pipit ZL ceritaoryza.com August 11, 2022

    Gabung dengan blogger community itu memang sangat bermanfaat, Kak. Menambah teman dan wawasan bloggig, apalagi di Bloggercrony

    • Badai Timur
      Badai Timur August 11, 2022

      benar kak, apa lagi Bloggercrony rutin melakukan kegiatan online maupun offline untuk meningkatkan pemahaman serta skill anggotanya.

  • dodonulis
    dodonulis August 11, 2022

    wah saya baru tau ada lagi komunitas keren bernama bloggercrony, tks infonya

    • Badai Timur
      Badai Timur August 12, 2022

      sama-sama kak, yuk mari bergabung kak biar banyak pemahaman baru

  • annisakhairiyyah
    annisakhairiyyah August 12, 2022

    Gabung di komunitas blog memang seberpengaruh itu terhadap mood, pengetahuan dan semangat menjadi blogger

    • Badai Timur
      Badai Timur August 12, 2022

      benar banget kak,dalam grup saling dukung satu sama lain jadi mood untuk menulis selalu terjaga.

  • Amin
    Amin August 12, 2022

    menjadi blogger banyak manfaatnya sih emang, salah satunya kita akan terbiasa untuk membaca beragam tulisan sebagai referesi konten yang secara tidak langsung akan menambah pengetahuan si blogger

    • Badai Timur
      Badai Timur August 12, 2022

      setuju kak, selain itu kita lebih mudah menfilter informasi yang kita dapatkan sebelum kita bagi ke orang lain.

  • zaimah_19
    zaimah_19 August 12, 2022

    Bener sekali ya, saya pribadi juga awal-awal ngeblog itu banyak belajar dari komunitas. Tanpa komunitas rasanya sangat berat untuk menapaki dunia blogger lebih baik.

    • Badai Timur
      Badai Timur August 12, 2022

      sepakat kak terlebih anggota blog saling dukung untuk terus ngeblog.

  • Buku Bacaan
    Buku Bacaan August 12, 2022

    Dari komunitas, selain mendapatkan ilmu pengetahuan, kita bisa saling bersilaturahmi untuk merekatkan persaudaraan

    • Badai Timur
      Badai Timur August 12, 2022

      komunitas ibarat mood boster untuk terus bersemangat ngeblog

  • Nita
    Nita August 12, 2022

    Pada hakikatnya saya ngeblog itu buat menambah pengetahuan saya pribadi, kerena ketika menulis, saya jadi banyak baca untuk memperkaya khasanah tulisan saya. Jadi, menjadi blogger memang sangat menguntungkan buat saya. MasyaAllah. Thanks Ka...pingin juga seh ikut blogger crony, cus ah langsung ke sosmednya. Thanks kak

    • Badai Timur
      Badai Timur August 12, 2022

      sama kak dari blog saya lebih mudah menfilter info-info yang kita terima cukup cek alamat webnya saja, mari saring mengenal di keluarga besar bloggercrony

  • Erwin Noer
    Erwin Noer August 12, 2022

    Info dong kak, cara join ke groupnya... Karena memang saya sangat tertarik menambah relasi melalui group" blogger..

    • Badai Timur
      Badai Timur August 12, 2022

      langsung cek postingan kak, paragraf terakhir info lengkap media sosial serta web resmi bloggercrony

  • Vera Utami
    Vera Utami August 13, 2022

    Tantangan buat konsisten nulis itu kadang terasa sulit apalagi kalau sedang sibuk-sibuknya. Btw, seperti seru sekali pengalaman bergabung deng komunitas boggercrony.

  • Tukang Catat (Maria Stefania T)
    Tukang Catat (Maria Stefania T) August 13, 2022

    Salah satu contoh melek literasi adalah tidak terjebak hoax dan penipuan online. Masyarakat Indonesia masih merasa malas untuk membaca dari banyak sumber guna memastikan kebenaran sebuah informasi. Btw, saya suka dengan agen perubahan yang disematkan untuk blogger. Terima kasih artikelnya sangat informatif.

  • cacaa
    cacaa August 13, 2022

    Semenjak nulis dan suka baca tulisan orang.. rasanya banyak hal yanh didapat, apalagi kalau tulisannya relate dan bikin penasaran kaak . setuju sih, sama tulisanmu kak

  • Yulianto
    Yulianto August 15, 2022

    Baru tahu manfaatnya ketika gabung di komunitas. Karena bakal ketemu sama orang2 yang memiliki hobi sama.

  • dodonulis
    dodonulis August 16, 2022

    saluran medium untuk memperkaya literasi kian banyak, salah satunya blog. tinggal ke personal masing-masing. nice mas

  • Dinda Pranata
    Dinda Pranata August 17, 2022

    Salah satu cara menyebarkan informasi dengan cepat memang melalui blog. Dan, salah satu cara menulis paling banyak dibaca juga dari blog. Blog dari sesama bloger bisa juga jadi inspirasi buat temen-temen bloger lain. Semenarik itu jadi bloger.. 😉

  • Rizalfikry
    Rizalfikry August 17, 2022

    Memang miris ya kalau melihat data bahwa di Indonesia masih banyak yang tingkat literasinya rendah. Menurut saya ini ya karena budaya membaca tidak ditanamkan sejak dini.

    Kita cenderung menganggap sudah tahu sebuah berita padahal baru baca judulnya.

    Semoga melalui nge-blog bisa meningkatkan literasi warga.

  • Tomy Tegar
    Tomy Tegar August 19, 2022

    Keadaan blog itu justru menjadi sebuah instrumen untuk mesin pencari (info & link) yg relevan dari para pengunjung..

  • zaimah_19
    zaimah_19 August 19, 2022

    Benar sekali. Dengan menjadi blogger dan mengikuti komunitas blogger membuat kita menjadi lebih banyak ilmu baru dan terus berbagi ilmu itu.

  • Green Lady
    Green Lady August 20, 2022

    Saya juga dapet banyak ilmu kalo lagi blogwalking, jd dapet insight dan ide baru dech, owh ternyata bisaa yaa ini dibuat tulisan...

Add Comment
comment url