Melek Literasi Melalui Blog


Era keterbukaan informasi saat sekarang arus penyebaran berita palsu (Hoax) begitu mudah diterima masyarakat, terlebih minat literasi di kalangan masyarakat saat ini tergolong masih rendah. Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019. Indonesia menempati peringkat  ke 62 dari 70 negara, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah, sangat tertinggal jauh bila dibandingan dengan negara di kawasan Skandinavia sebut saja Norwegia, Finlandia. 


Contoh sederhana bisa dilihat ketika menerima pesan berantai dari WhatsApp berupa berita atau tautan link, banyak diantara kita langsung meneruskan berita tanpa terlebih dahulu Memeriksa dengan teliti kebenaran informasi yang diterima. Bukan hanya itu, terkadang ini pula dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab dengan melakukan pencurian data pengguna media sosial dengan mengirimkan link tautan yang berisi situs phising kepada calon korbannya. cukup sekali klik maka segala data penting pengguna internet bisa diambil dengan mudah.

Ilustrasi Pesan Penipuan  Melalui WhatsApp Sumber : Doc Pribadi 

Berawal dari pelatihan jurnalistik dasar yang diadakan salah satu organisasi ketika masih di bangku perkuliahan, penulis mulai tertarik dunia literasi. Berbekal ilmu dasar yang diperoleh serta semangat masih menggebu gebu penulis memulai membuat blog dengan tampilan sederhana, menulis artikel dengan bahasa yang santai. Sebagai seorang pemula saat itu, penulis hampir tiap hari mengotak-atik tampilan blog mengikuti selera yang sewaktu-waktu berubah, rutin berselancar dari satu blog ke blog lain "blogwalking", saling bertukar link blog sesama blogger "backlink", belajar istilah-istilah blog yang belum pernah penulis dengar sebelumnya. 


Mengembangkan Diri Dengan Bergabung Dengan Komunitas Blog

Untuk lebih memperdalam pemahaman dan  pengetahuan mengenai blog, penulis bergabung dengan beberapa komunitas blogger yang ada di Indonesia, satu diantaranya Komunitas Bloggercrony IndonesiaBloggercrony  Community salah satu komunitas tempat kumpulnya Blogger Indonesia dari Sabang sampai Merauke dengan berbagai latar belakang pendidikan serta profesi. 

Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.

Komunitas ini begitu aktif memberikan edukasi-edukasi baik melalui feed, story reels Instagram, feed, story Facebook, mengadakan live dengan berbagai narasumber dengan topik yang menarik seputar blog. Dan untuk lebih meningkatkan skill serta kemampuan para member, Bloggercrony Community mengadakan kelas-kelas pelatihan serta event-event menarik diantaranya BloggerHangout, Bloggercare, Bloggerview. Dengan beragam kegiatan yang rutin diadakan menjadikan Komunitass Bloggercrony layaknya  keluarga besar.

Logo Komunitas Bloggercrony Sumber : Blogger Crony

Bergabung dengan Bloggercrony Community penulis merasakan banyak perubahan positif diantaranya artikel yang diterbitkan, penulis berupaya menggunakan tata bahasa sesuai kaidah-kaidah EYD serta sesuai dengan KBBI. Bloggercrony Community tempat bersilaturahmi saling mengenal  sesama anggota dengan mengunjungi blog (blogwalking) yang mereka kelola, tak lupa saling follow media sosial agar tidak ketinggalan info menarik yang dibagikan.

Bloggercrony Community layaknya rumah bagi Blogger Indonesia 

Semenjak Mengenal Bloggercrony penulis mulai membiasakan diri ikut ambil bagian dalam lomba blog yang diadakan oleh komunitas, organisasi. Hal ini untuk meningkatkan kepercayaan diri penulis, meningkatkan semangat menulis dan pastinya membuat penulis merasa #BanggaJadiBlogger

Di samping itu, hal paling penting penulis rasakan lebih mudah menyaring informasi yang diterima dari teman atau orang lain melalui link atau situs web, cukup mengamati alamat web, tampilan web, gaya bahasa yang digunakan maka akan sangat mudah mengetahui kebenaran informasi.

Di era digital saat ini blogger ikut berperan aktif  dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menerbitkan konten-konten yang edukatif

Blogger Sebagai Agen Perubahan 

Semakin berkembangnya kemajuan teknologi saat ini, tindak kejahatan dengan menggunakan teknologi pun makin marak terjadi. Dengan memanfaatkan  kelemahan sebagian masyarat kurang mencerna informasi yang diterima. Terlebih bila diiming-imingi hadiah dari undian  dengan terlebih dahulu mengirim sejumlah uang padahal undian itu tidak pernah diadakan. Kasus seperti ini sudah sangat sering terjadi dengan kerugian yang tidak sedikit. Seorang Blogger perlu mengambil peran di tengah-tengah masyarakat sebagai agen perubahan dengan memberikan edukasi-edukasi melalui artikel blog diterbitkan, postingan di media sosial informatif serta ikut aktif mengkampanyekan melek literasi pada masyarakat luas. Terlebih saat sekarang kita memasuki era Literasi Digital.


Dapatkan info-info menarik seputar aktivitas Komunitas Bloggercrony Indonesia dengan menfollow akun Instagram resmi @bloggercrony serta Twitter resmi @bloggercrony. Bila Pembaca ingin menjadi bagian Komunitas Bloggercrony  info lebih lanjut   di sini.


Badai Timur

Paruh Waktu Blogger Paruh Waktu Pendukung PSM Makassar | Lahir dan besar di salah satu Kabupaten yang menjadi bagian propinsi Sulawesi Selatan. Daerah memiliki julukan Kota Bersatu. Kadang juga disebut Bumi Panrita Kitta.

40 Comments

Previous Post Next Post