Menjadi Seorang Blogger, Mulai Dari Mana?

Ngeblog aktivitas menulis artikel yang diterbitkan di Internet melalui platfrom yang tersedia. Ketika ingin menekuni dunia Blogger terkadang kita kebingungan mau mulai dari mana? Berikut hal yang perlu di perhatikan sebelum memilih menjadi seorang blogger :


Menentukan Topik/Niche Blog

Sebelum memutuskan membuat Blog, hal pertama yang dipikirkan oleh calon blogger yakni menentukan topik/niche apa yang akan diterapkan pada blog yang ingin dibuat. Hal ini penting karena berkaitan dengan isi artikel yang diterbitkan nantinya. Selain itu, pemilihan topik juga memudahkan kita menentukan target pembaca. Ada banyak topik yang bisa kita pilih diantaranya Kesehatan, Otomotif, Lifestyle dan masih banyak lagi.


Pemilihan topik/niche spesifik pada blog yang kita kelola juga memudahkan blogger lain untuk memperoleh referensi. Dan pastinya akan mendatangkan backlink karena kesesuaian topik/niche serta artikel-artikel yang diterbitkan berkualitas di mata blogger lain. Topik/niche bahasan juga berpengaruh dalam mendatangkan mitra yang ingin memasang iklan. Terlebih bila artikel-artikel yang kita terbitkan mampu bersaing di halaman teratas pencarian Google.

Sumber Foto : istockphoto.com

Memilih Platfrom Blog Yang Ingin Digunakan

Setelah menentukan topik/niche blog yang akan dibahas, langkah selanjutnya kita akan memilih platfrom blog yang akan digunakan. Mengapa hal ini penting.? Sebab berkaitan dengan kenyamanan serta budget yang mesti disiapkan (ketika memilih platfrom berbayar). Ada banyak pilihan platfrom yang bisa dipilih ketika ingin memulai ngeblog. Namun ada dua platfrom yang familliyar digunakan yakni Blogspot dan WordPress. Baik Blogspot maupun WordPress keduanya memiliki perbedaan. Blogspot plaftrom yang dimiliki Google dan banyak digunakan oleh blogger termasuk penulis dengan alasan platfrom ini gratis, tampilan lebih sederhana. Karena plafrom ini dimiliki Google sehingga kita tidak mesti menyewa hosting dan domain, kecuali memutuskan menggunakan Custom Domain (TDL). Dikarena dimiliki oleh Google (hosting dan domain) penggunanya pun memiliki akses terbatas serta diharuskan tunduk pada kebijakan yang ditetapkan Google. Selain itu blog kita rentan dihapus kapan pun ketika melanggar ketentuan/kebijakan Google.


Sedang WordPress merupakan platfrom pembuatan website yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan  Mike Little yang sifatnya Open Soure. Karena sifatnya Open Soure kita bisa mengedit blog yang dimiliki sesuai keinginan. Selain itu kita pun diharuskan menyewa hosting dan domain yang kita inginkan dengan durasi waktu yang bervariasi tergantung harga yang ditentukan penyedia layanan.


Memilih Tema Blog

Tema dalam blog satu hal yang tak bisa dipisahkan sebab menjadi daya tarik pembaca untuk mengunjungi blog yang kita kelola. Ibarat blog itu rumah maka tema segala pernaik pernik yang ada pada rumah itu. Dalam memilih tema (template) baiknya menggunakan tema yang sederhana, tidak memusingkan mata pembaca, yang paling penting SEO dan Mobile Fredly (mudah diakses di smartphone). Selain itu, mesti diperhatikan jangan biasakan menggonta-ganti tema blog sebab hal mempengaruhi kualitas blog di mata mesin pencari.


Menyiapkan Artikel

Artikel ujung tombak dari suksesnya sebuah blog, penulis pernah mendengar istilah dikalangan blogger “Artikel is King”. Artikel yang berkualitas akan sangat berpengaruh terhadap blog yang dikelola, mengapa demikian ? Sebab akan mendatangkan banyak pengunjung/pembaca sesuai yang kita inginkan, sehingga mampu meningkatkan rangking blog di mesin pencari, menjadi sumber refensi blogger lain hingga tak sungkan ingin bertukar link (backlink). Bahkan tak menutup kemungkinan ada blogger lain yang menawarkan kepada kita menjadi Guest Post (penulis tamu) hingga ingin menjalin kemitraan dengan memasang iklan produk mereka pada blog yang kita miliki.


Blogger yang telah lama menggeluti dunia blog menyarakan agar artikel yang dihasilkan minimal mengandung 1000 kata dan pastinya original. Bila memasukkan artikel dari blogger lain pastikan kamu menyantumkan alamat blog  (link) artikel tersebut untuk menghargai pemilik artikel.


Mendaftarkan Mesin Pencari

Setelah selesai membuat blog serta menyiapkan artikel, jangan lupa mendaftarkan ke mesin pencari. hal ini penting, Mengapa.? Temukan Jawabannya Di Sini.  Terkadang hal ini sering dilupakan oleh mereka yang memulai aktifitas blog, banyak pula beranggapan setelah blog di buat maka otomatis terdaftar di mesin pencari, padahal tidak demikian. andapun harus melalukan hal ini. Ada banyak mesin pencari digunakan orang untuk mencari informasi. Diantaranya Google, Yahoo, Yandex, Bing serta masih banyak mesin pencari yang lain.  Pastikan  blog yang dikelola telah didaftarkan di mesin pencari


Sumber Foto : www.virenial.com

Banyak hal bisa kita dapatkan ketika blog sudah didaftarkan di mesin pencari. Artikel yang telah diterbitkan akan mudah di lihat pembaca, memudahkan kita mengetahui peringkat artikel di mesin pencari, mengetahui kata kunci yang banyak dicari pengunjung, memudahkan artikel terindex di mesin pencari. Untuk mengetahui blog telah terdaftar di mesin pencari silahkan ketikkan” site://www. Alamat blog” lalu enter, maka kita akan melihat semua artikel yang telah terindex di mesin pencari.


Lakukan Optimasi

Kurangnya pengunjung blog merupakan hal lumrah yang dialami blogger pemula. Sebab blog belum dikenali pembaca, terlebih bila artikel yang dihasilkan kurang berkualitas atau belum banyak jumlahnya. Melakukan optimasi pada blog hal mutlak, mulai dari riset kata kunci sebelum artikel di buat, membagikan blog pada forum-forum familiyar semisal Kaskus, Kompasiana, Facebook Grup, buat fanspage, serta mengiklankan  artikel di media sosial. Kamu juga bisa menjalin kerja sama dengan blogger lain menjadi penulis tamu  (guest post) pada blog yang mereka kelola.


Tulisan diatas hanya sebagian dari apa yang mesti diketahui sebelum benar-benar memilih menjadi seorang blogger. Karena bukan hanya tentang bagaimana buat blog menulis artikel lalu daftar AdSense (memperoleh materi). Bila niat awal ngeblog hanya ingin daftar AdSense sebaiknya pikir lagi.

 

 

 

 

 

 

Next Post Previous Post
4 Comments
  • Tomy Agung
    Tomy Agung May 25, 2021

    mantap kakak

    • Badai Timur
      Badai Timur May 25, 2021

      terima kasih, semoga bermanfaat

  • Virandra
    Virandra May 27, 2021

    Mantep. Sekali-kali jalan2 ke blog ane kak.

    • Badai Timur
      Badai Timur May 27, 2021

      terima kasih. semoga tulisan sederhana ini bermanfaat

Add Comment
comment url