Daftar Google AdSense, Pilih Blog atau Youtube

 

Ilustrasi Blog dan Youtube Foto By Google

Era perkembangan teknologi yang begitu pesat orang-orang berlomba-lomba memanfaatkan untuk memperoleh penghasilan melalui media sosial. Mulai berjualan produk, menjadi  seorang gamers, mengiklankan produk orang lain  (endorse) serta banyak lagi yang lain.  Ada banyak platfrom yang menyediakan fasilitas untuk kita memperoleh penghasilan melalui internet. Google AdSense salah satunya, produk yang dimiliki Google. Adapun cara kerja Google AdSense yakni kita mengizinkan Google AdSense untuk memasang iklan di Blog yang kita kelolah, iklan ini berasal dari mitra (perusahaan) yang telah bekerja sama dengan Google.

Untuk bisa jadi bagian dari Google Adsense ada dua cara yang bisa digunakan yakni melalui flatform Blog (Publisher) atau Youtube (Conten Creator). Dari dua platfrom yang tersedia memiliki persyaratan tersendiri. Semisal Youtube, seorang calon Conten Creator yang ingin menjadi bagian Google Adsense harus memiliki pengikut minimal 1000 pengikut serta telah menenuhi 4000 Jam tayang. Selain itu, Conten Creator harus memastikan video yang dibuat benar-benar hasil karya mereka (orisinil) bukan re-upload atau sebagainya yang dapat melanggar kebijakan (Copyright) yang ditetapkan Google. sedang blog, seorang blogger yang ingin jadi bagian Google Adsense pastinya memiliki blog (baik Blogger.com, Wordpress serta platform yang sejenis), usia blog bervariatif, memiliki pengunjung yang memadai. Sedang untuk Jumlah konten yang dibuat  belum ada batasan jumlah minimal. * persyaratan Google dapat berubah sewaktu-waktu.

Walaupun seorang Publisher atau Content Creator telah memenuhi syarat minimal yang telah ditetapkan Google. Terkadang butuh waktu berminggu-minggu bahkan bulan, untuk memperoleh persetujuan penuh sebagai salah satu bagian Google AdSense. Pengalaman penulis saat pertama kali mendaftarkan blog ini ( domain masih Blogspot.com) butuh waktu beberapa bulan untuk bisa jadi bagian Google AdSense (2 kali penolakan dari pihak Google). Namun saat memutuskan menggunakan Costom Domain (Domain Saat ini) penulis butuh waktu 40 hari untuk kembali jadi bagian Google Adsense. *setiap publisher memiliki waktu menunggu (review) dari Google berbeda-beda.

Baik Blog maupun Youtube memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing beberapa diantaranya :

1. Seorang Youtuber yang telah membagikan videonya tidak dapat mengedit materi yang ada pada video. sedang seorang publisher relatif mudah untuk ngedit konten  meskin pun telah di posting sebelumnya.

2. Biaya yang dikeluarkan seorang Blogger relatif lebih sedikit ketimbang seorang Youtuber, sebab blogger hanya menyewa hosting serta domain yang harganya terjangkau dengan jangka waktu 1 tahun bahkan gratis bila ingin menggunakan domain yang disediakan Google (Blogspot.com). Sedang seorang Conten Creator biasanya didukung peralatan yang beraneka macam untuk menghasilkan karya. dan pastinya biaya yang mesti di keluarkan jauh lebih besar dibanding seorang blogger.

3. Channel Youtube yang dikelola lebih rentan terkena peringatan bahkan dihapus oleh pihak Google karena melanggar kebijakan yang telah ditentukan pihak Google terutama hak cipta. Tak jarang Conten Creator menyerah dengan aturan ketat  dari Google.

4. Mengelola blog menurut sebagian orang butuh perhatian lebih sebab banyak hal yang diperhatikan mulai dari mendaftarkan blog ke mesin pencari, mencari ide untuk tulisan, pemilihan kata kunci agar blog bisa bersaing dengan kompetitor yang memiliki topik bahasan yang sama.

Di atas hanya sebagian kecil kelebihan serta kekurangan saat seeorang memilih blog atau youtube untuk ikut jadi bagian Google Adsense. Terkadang butuh waktu serta konsitensi agar sesorang bisa berpenghasilan tetap di Google Adsense, yang terpenting ketika memutuskan memilih menjadi Conten Creator atau seorang Publisher  jangan cepat menyerah ketika akun belum diterima, lakukan perbaikan, perbanyak karya yang dihasilkan, serta bagikan karya yang telah dibaut kepada  orang banyak agar menambah jam tayang serta jumlah pengunjung.

 

 

 

 

 


Next Post Previous Post
1 Comments
  • dewi sartika
    dewi sartika August 19, 2022

    makasih, mas, ilmunya. terbantu sekalis ecara saya masih pemula. lagi memotivasi diri dulu utk rajin nulis sebelum diposting di blog pribadi.

Add Comment
comment url