Kebiasaan Yang Membuat Laptop Mudah Rusak


Menutup Laptop Tanpa Shut Down

Terkadang ada orang yang kita jumpai setelah menggunakan laptopnya Ia langsung menutup, padahal masih dalam kondisi menyala. Kalau cuma sekali tidak jadi masalah namun hal ini dilakukan secara terus menerus. Padahal ini dapat berdampak pada keamanan dan kesehatan laptop itu sendiri. Sebaiknya hindari kebiasaan menutup laptop dalam keadaan masih beroperasi. Setelah laptop di shut down, beri laptop beberapa menit agar hawa panas yang dihasilkan laptop tersalurkan dengan baik

     Pasang Charge ke Laptop Terlebih Dahulu

Sebenarnya pasang charge ke laptop dulu baru dicolok listrik.? Atau malah sebaliknya.? nah, ternyata seharusnya kita menyambungkan charge terlebih dahulu ke arus listrik baru kemudian menyambungkan ke laptop kamu. Pasalnya loncatan daya listrik pada charge saat pertama di colokan itu tidak stabil dan jika kamu masih melakukan hal ini secara terus-menerus maka motherboard laptop kamu bisa mengalami kerusakan dengan cepat.

Charge Laptop Meski Baterai Tidak Habis

Meskipun kamu orangnya rajin, tapi tidak di anjurkan untuk terlalu rajin nge-charge laptop. Memang akan lebih mudah ketika akan keluar rumah, jadi tidak perlu cari colokan listrik. Namun, usahakan sebisa mungkin untuk cahge laptop ketika baterai hampir habis, yakni mencapai 10 %. Jangan membiarkan hingga baterai laptop kosong dan jangan pula charge laptop jika baterainya masih di atas 30 %. Hal itu justru akan membuat kemapuan baterai dalam menyuplai daya semakin berkurang.

     Tidak Memasang Baterai Laptop dan Langsung ke Colokan Listrik

Apakah kamu pernah melepas baterai laptop dan memakai laptop dengan langsung tersambung ke listrik.? Mungkin maksud hati ingin baterai laptop supaya tetap tahan lama, akan tetapi hal itu justru salah kaprah dan akan merusak mainboard laptop yang kamu punya. Pasalnya loncatan listrik yang tidak teratur pada saat laptop pertama kali dioperasikan dapat menyebabkan kosleting. Jadi, bukannya awet malah cepat rusak.

     Mengangkat Laptop dengan Memegang Layarnya

Saat sedang terburu-buru, kita tidak jarang mengangkat laptop dengan memegang layarnya saja. Meski laptop kita terbilang ringan sekalipun, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Jika masih dilakukan juga, hal ini akan berdampak buruk terhadap engsel dan LCD laptop kita.

 

Badai Timur

Paruh Waktu Blogger Paruh Waktu Pendukung PSM Makassar | Lahir dan besar di salah satu Kabupaten yang menjadi bagian propinsi Sulawesi Selatan. Daerah memiliki julukan Kota Bersatu. Kadang juga disebut Bumi Panrita Kitta.

Post a Comment

Previous Post Next Post