Kalibrasi Baterai Macbook Agar Tetap Maksimal

Ilustrasi Macbook Wana Satria Komputer

Macbook tiba-tiba mati padahal masih tersisa daya sekitar 16 %.? Atau battery health-nya masih sekitar 90 %  tapi kesannya seperti cepat habis. Jika hal itu terjadi, berarti Macbook Anda harus segera dikalibrasi karena informasi yang ditampilkan sudah tidak akurat lagi. Kalibrasi pada baterai perlu dialkukan secara berkala untuk menjaga keakuratan estimasi baterai pada layar Macbook. Berikut ini penulis mencoba berbagi cara kalibrasi yang bisa dilakukan :

Pasang adapter dan lakukan charging hingga LED berwarna hijau dan baterai meter pada layar menunjukkan ful charged.

Biarkan baterai dalam kondisi fully charged minimal 2 jam. Anda masih bisa menggunakan Macbook  dalm 2 jam itu selama adapter tetap terhubung pada listrik

Lepaskan adapter dari sumber listrik dengan keadaan macbook masih menyala. Gunakan terus Macbook anda sampai muncul peringatan pada layar kalau baterai sudah dalam keadaan low.

Ketika daya sudah menunjukkan 5 % atau kurang segera simpan semua pekerjaan anda. Selain itu,  lanjutkan aktivitas anda sampai Macbook benar-benar kehabisan daya dan masuk kedalam mode sleep. Setelah dalam mode sleep, biarkanlah Macbook anda sleep “ mati” sekitar lima jam atau lebih.

Setelah lima jam atau lebih, charge Macbook anda sampai benar-benar full. Ketika baterai telah dicharge sampai penuh maka baterai Macbook anda telah sukses dikalibrasi.

Apabila setelah dikalibrasi ternyata baterai Macbook anda masih bermasalah, tak perlu panik. Segera  hubungi service laptop yang ada percaya.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url