Tips Menjaga Kondisi Mata Buat Desainer

Bagi seorang desainer duduk berlama-lama menatap layar komputer sudah  menjadi rutinitas demi menyelesaikan daetline. tak jarang dari aktivitas ini kadang berdampak pada mata. sering lelah, berair, mata merah. berikut ini penulis memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi mata meski harus duduk beberapa jam di depan layar : 

Kecerahan layar monitor

Sebaiknya atur posisi dan kecerahan layar monitor sesuai dengan posisi yang menurut kamu paling nyaman. Jangan mengatur tampilan layar yang terlalu cerah atau terlalu gelap agar anda tidak kesulitan dalam melihat monitor.

     Gunakan Screan Protector 

   Usahakan untuk memasang Scren Protector untuk mengurangi pancaran radiasi dari layar monitor ke mata anda, sehingga tidak cepat membuat mata anda kelelahan saat melihat layar monitor

     Atur Jarak pandangan Mata

Aturlah jarak antara mata dengan monitor, idealnya jarak mata dengan monitor yang aman dengan jarak 50-100 cm. Jangan memasang monitor terlalu dekat dengan mata kita karena akan membuat mata cepat lelah.

     Istrahatkan mata

Secara formal manusia akan berkedip setidaknya 18 kali selama  satu menit, namun akan tetapi ketika kita menatap monitor mata kita akan jarang berkedip. Maka dari itu, usahakan setiap 1 jam istrahatkan mata selama 5 menit saja tanpa menhadap monitor, agar mata anda tidak mudah iritasi atau mudah lelah, lakukanlah Olahraga mata sebagai pencegahan.

     Alihkan Pandangan

Saat menatap monitor, mata anda hanya akan tertuju pada satu objek saja yaitu monitor. Usahakanlah anda mengalihkan pandangan anda sejenak saja dari monitor. Pandanglah pemandangan yang ada disekitar terutama pepohonan hijau jika ada. Hal ini dilakukan agar mata tidak mudah lelah juga, dan juga dapat mengusir pusing yang hinggap di kepala.

     Komsumsi Buah dan Sayur

Buah-buhan yang memiliki kandungan vitamin A sangat bagus dan baik bagi kesehatan mata anda, perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur agar anda tidak kekurangan vitamin A sehingga anda tidak memiliki gangguan mata nantinya.

     Periksa Mata

Agar anda tahu bagaimana kondisi mata anda angan lupa rutin melakukan pengecekan mata ( Check up) dan konsultasi kepada dokter spesialis mata. Usahakan 3 bulan sekali. Untuk mengetahui kondisi mata anda jika suatu saat anda mempunyai keluhan maka akan segera mendapat penanganan yang tepat dari ahlinya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url