TIPS MEMBELI LAPTOP SECOND

Assalamu Alaikum Sahabat..!


Kali ini penulis ingin berbagi beberapa tips mengenai cara membeli laptop second. Seperti kita ketahui Laptop merupakan  barang yang paling umum dibutuhkan oleh banyak manusia di jaman modern ini. Namun beberapa diantara kita mempunyai keterbatasan untuk mampu membelinya dengan kondisi baru.Solusi yang dapat mereka ambil adalah dengan membeli laptop dengan kondisi bekas. Bekas bukan berarti sudah jelek atau kurang layak pakai. Karena masih banyak laptop bekas yang layak pakai yang bahkan performanya bersaing dengan laptop-laptop baru lainnya. Berikut tips-tips membeli Laptop Second :
1.   Cek Harga Pasaran Laptop Bekas

Ketika membeli laptop bekas adalah keputusan akhir kamu, jangan lupa untuk mengecek harga pasaran laptop bekas tersebut. Cari saja di tempat jual beli online terpercaya yang ada barang bekasnya atau di situs review laptop yang selalu up to date.Dengan begitu, kalian akan bisa untuk lebih mudah dalam melakukan penawaran kepada penjual untuk mendapatkan harga terbaik untuk laptop bekas tersebut. Atau bahkan bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

2.   Mengetahui Lama Penggunaan
Laptop merupakan barang elektronik. dan semakin lama penggunaannya, maka itu juga berpengaruh terhadap kualitas perangkat didalamnya. Obatrindu sarankan untuk kawan-kawan yang sedang membeli laptop bekas untuk memilih dan mengutamakan laptop yang berumur tidak lebih dari satu tahun.Ini dikarenakan pada umumnya sebuah barang elektronika mempunyai ketahanan satu tahun pada umumnya. Dan jika sudah lebih dari itu, kemungkinan laptop bekas milik sobat sudah pernah mengalami perbaikan atau pergantian hardware.
3.   Periksa Kelengkapan
Membeli laptop bekas pun jangan asal membeli. Penting bagi anda untuk memeriksa kelengkapannya. Kelengkapan disini seperti Dos, tas laptop(kalau ada), nota pembelian, kartu garansi, CD/DVD driver, charger, baterai, dan lain-lain.
Kelengkapan laptop menandakan kualitas pada nilai. Semaking lengkap laptop bekas yang anda miliki. Maka semakin baik pula nilai laptop yang anda beli. Selain itu juga bahwa laptop yang mempunyai dos dan nota pembelian bisa menandakan bahwa laptop tersebut kemungkinan 90% bukan laptop curian.
Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan jika laptop anda memiliki banyak kelengkapan adalah jika anda ingin menjualnya lagi nanti. Selain mudah mendapatkan harga yang tinggi, juga akan mudah mendapatkan kepercayaan dari pembeli.
4.   Periksa Spesifikasi Laptop Bekas Anda
Memeriksa spesifikasi laptop sangat penting agar anda tidak mudah tertipu dengan penjual yang lebih pintar dari anda. Pastikan spesifikasi laptop yang anda beli adalah sesuai dengan yang diberikan oleh penjual atau anda bisa memeriksa spesifikasi laptop tersebut secara online sesuai nomor dan jenis laptop yang akan anda beli.
5.   Periksa Kondisi Segel di Laptop
Segel laptop adalah hal sensitif yang paling sering dilupakan oleh pembeli barang bekas. Segel ini biasanya ditempel di bawah dengan menutupi baut laptop. Biasanya diberikan oleh pihak distributor atau penjual laptop resmi untuk mengetahui apakah pembeli membongkar sendiri laptopnya atau tidak.

Dengan segel yang masih utuh ini memberikan jaminan pada laptop bekas yang akan anda beli bahwa laptop belum pernah diservis. Namun jika terkelupas atau ditimpa dengan segel yang lain. Sebaiknya anda mempertimbangkan kembali untuk membeli laptop bekas tersebut.
6.   Periksa Bodi Case Laptop
Case laptop selain berguna untuk tetap tampil bagus juga dapat memberikan informasi yang berguna untuk kamu. Jika case hanya lecet dikarenakan lamanya pemakaian penjual itu sih bukan sebuah masalah. Namun hati-hati jika terdapat retak terutama case laptop bagian bawah.
Case  laptop yang retak menandakan bahwa laptop itu pernah terjatuh atau terinjak. Dan jika yang retak adalah bagian bawah. Ditakutkan jika hardware yang berada didalamnya juga ikut retak sehingga nanti penggunaan tidak akan lama dan anda harus keluarkan uang lagi untuk mengganti hardware yang rusak.
7.   Periksa Kondisi Charger dan Baterai Laptop
Kenapa anda memilih sebuah laptop.? Bukan komputer yang lebih murah dengan spec yang dapat anda rubah sendiri sesuai kebutuhan? Itu dikarenakan laptop dapat dibawa dan digunakan dimana saja. Untuk itulah memeriksa kondisi charger dan baterai laptop anda. Sambil mengobrol dengan penjual, kamu bisa mengulur-ulur waktu dengan mengetahui kualitas baterai laptop anda jika dihidupkan tanpa kabel. Selanjutnya, lanjutkan untuk pengecekan charger laptop bekas dengan memasangkannya pada laptop. Lihat apakah baterai laptop terisi dengan normal atau tidak dengan charger yang ada tersebut.
Demikian Beberapa tips yang dapat saya berikan. Pesan saya kepaada teman-teman yang ingin membeli laptop second Bijaklah membeli laptop second. kondisikan juga  isi dompet anda.  Nantikan tips-tips lain dari penulis..!
Badai Timur

Paruh Waktu Blogger Paruh Waktu Pendukung PSM Makassar | Lahir dan besar di salah satu Kabupaten yang menjadi bagian propinsi Sulawesi Selatan. Daerah memiliki julukan Kota Bersatu. Kadang juga disebut Bumi Panrita Kitta.

Post a Comment

Previous Post Next Post