Ngeblog, Blogspot Atau WordPress.?


Saat memutuskan ngeblog hal yang mesti dipikirkan pertama kali memilih platfrom yang ingin digunakan. Ada Dua platfrom familiyar yang bisa kita pilih saat memulai aktivitas ngeblog. Blogspot.com atau WordPress.org (*WordPress.com tidak jauh beda dengan blogspot.com). Mengapa ini sangat penting.? Sebab ini berkaitan kita menjalankan aktivitas blogger. 
   
Untuk lebih jelas penulis mencoba menjelaskan secara singkat perbedaan dari Blogspot.com dan WordPress.org (*WordPress.com tidak jauh beda dengan blogspot.com) diantaranya: 

1.Biaya
a. Blogger (Blogspot)
Dikarenakan Blogspot berasal dari google, maka kita tidak akan dikenakan biaya Hosting atau penyimpanan selama akun google kita belum melebihi batas limit yang ditentukan (15gb). Untuk domain juga bisa gratis jika rela alamat website ditambahan embel-embel blogspot dibelakang nama domain.  

b. WordPress
Untuk WordPress.org kita butuh biaya untuk membeli domain dan hosting tergantung keinginan kita. Jika tidak ingin ribet, biasanya penyedia jasa hosting juga menyediakan paket dengan domain gratis jika membeli hosting dengan paket tertentu.
Menggunakan WordPress.org memang butuh biaya diawal, dan Blogger tidak butuh. Tetapi jika ingin lebih dikembangkan dan diseriusi, sebaiknya menggunakan wordpress lebih murah (*tergantung durasi domain dan hosting yang kita inginkan).

2. Tampilan
a. Blogger (Blogspot)
Untuk tampilan yang disediakan oleh pihak penyedia memang terbatas. Namun jika ini ingin tampilan yang lebih menarik, kita bisa membeli template dari pihak ketiga yang sudah banyak menyediakan. Di indonesia sendiri sudah banyak pihak penyedia template degan kualitas yang cukup baik diantaranya Sugeng.id, Ignel dan masih banyak lagi yang lain.

b. WordPress
Di WordPress sendiri tersedia ribuan template gratis dengan berbagai macam kategori yang bisa kita sesuaikan degan kebutuhan kita. Misal kita ingin membuat blog tentang berita, makanan, fotografi, atau sekedar tampilan default untuk diary, semuanya disediakan dengan gratis.

3. Kontrol
a. Blogger (Blogspot)
Karena sifatnya hosted, maka kepemilikan website tidak 100% milik kita. Ada banyak keterbatasan, seperti tidak bisa mengganti template, dan menambah plugin. Dan karena bukan milik pribadi 100% maka jangan heran jika sewaktu-waktu website kita bisa dihapus tanpa pemberitahuan. Meskipun itu jarang… hehe.

b. WordPress
Berbeda dengan WordPress. Karena bersifat open source, maka  kita bisa dengan mudah menambah fitur-fitur baru untuk menunjang kebutuhan. Meski kita tidak paham bahasa pemrograman, kita cukup mengistal plugin-plugin yang sesuai dengan fitur yang kita inginkan.

4. Keamanan
a. Blogger (Blogspot)
Keamanan di blogspot bisa dibilang aman karena langsung dikelola oleh google. tentu dengan syarat menggunakan template default, bukan dari pihak ketiga penyedia template. Selama tidak menyalahi aturan dari google, maka website akan aman sentosa.

b. WordPress
Banyak isu bertebaran menyebutkan bahwa blogger lebih aman ketimbang WordPress karena langsung dari google. Sekilas memang masuk akal, tapi kenyataan dilapangan tidak sesuai ekspektasi.

WordPress bisa disebut sebagai platform yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena script terus diperbarui secara berkala, agar celah keamanannya tertutup rapat. Agar lebih aman kita bisa pasang plugin-plugin keamanan yang gratis maupun yang berbayar.

5. Pemasangan Iklan
a. Blogger (Blogspot)
Karena Blogspot lahir dari rahim google maka pemasangan iklan dari google (Adsense) bisa jadi monetisasi paling besar bagi para blogger. Dengan tetap mengikuti persyaratan-persyaratan yang ditentukan oleh Google. Dan bila diterima kita akan mendapatkan akun google adsense  Hosted (pembagian keutungan 68 % untuk kita), kode iklan tidak bebas di gunakan di platfrom lain. bila ingin kode iklan di pasang platfrom lain kita mesti upgrade google adsense Hosted dengan membeli Top Level Domain ( com, id, xyz, my.id dan sebagainya)

b. WordPress
sedangkan di WordPress.org karena kita punya kuasa penuh, kita bisa memasang iklan dari google (adsense) atau dari advertising network manapun yang diinginkan. Dan bila diterima kita akan mendapatkan akun google adsense  Non-Hosted.

Sebenarnya masih banyak lagi perbedaan antara Blogspot maupun WordPress, Penulis sendiri awalnya memilih blogspot.com sebab penulis merasa sebagai pemula, blogspot  platfrom yang lebih mudah penulis pahami, namun semua dikembalikan lagi ke pada pembaca masing-masing. Karena selera tidak untuk diperdebatkan. 


Rujukan Tulisan :

PESANTREN SINTESA 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url