Menjaga Semangat Ngeblog

Tak bisa dipungkiri seiring berjalannya waktu, aktivitas blog yang ditekuni suatu saat akan tiba dititik jenuh/bosan. Tak jarang banyak blogger-blogger yang meninggalkan blog mereka. Sebenarnya Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk tetap menjaga semangat ngeblog tetap ada dalam diri,  berikut ini penulis merangkum beberapa diantaranya : 

Kembali Ke Niat Awal Ngeblog
Segala sesuatu berawal dari niat, yah niat, sama halnya ketika memutuskan ngeblog  setiap dari kita punya niat untuk serius menekuni aktivitas ngeblog, ada yang memang hobi nulis, ada yang ingin belajar hal baru, bahkan tak jarang orang ngeblog hanya ingin mendapatkan penghasilan. Apapun itu kembali ke diri masing-masing. Jadi saat rasa bosan, jenuh pada rutinitas ngeblog menghampiri coba merenung sejenak dan mengingat kembali  niat awal kita saat memutuskan aktivitas blog.

Mulai dari hal kecil 
Saat mulai menulis di blog, tulis saja apa yang sedang terlintas dipikiran walau hal-hal sederhana selama itu bermanfaat, jangan memikirkan akan salah atau tidak dibaca orang. Latih terus diri untuk menulis tak lupa perbanyak membaca agar menambah ide-ide pada tulisan yang dihasilkan.

Atur Jadwal Postingan 
Penulis sendiri awal-awal memulai ngeblog hampir setiap hari menerbitkan minimal satu postingan, namun sering berjalannya waktu serta kesibukan terkhusus saat penulis disibukkan dengan penyelesaian studi. penulis mulai jarang memposting tulisan di blog, kadang 1 postingan per minggu bahkan pernah 4 postingan setahun. Setelah penulis menyesaikan studi tahun lalu, saat penulis sudah bisa memposting minimal 3-hingga 4 postingan perbulan, sebisa mungkin atur jadwal menerbitkan postingan minimal 3 postingan perminggu atau lebih hal ini dimaksudkan agar semangat ngeblog tetap ada selain itu agar blog tidak dianggap vakum, tak terurus oleh pembaca tetap blog kita..

Perbanyak Silaturahmi di Forum Blogger 
Sebagai seorang blogger pemula bergabung ke grup-grup atau forum blogger hal yang mesti dilakukan, sebab dari grup-grup blogger yang kita ikuti terkadang ada pembahasan yang bisa kita angkat dan dikembangkan menjadi tulisan yang bermanfaat bagi orang banyak. Selain itu, akan banyak ilmu baru yang akan kita dapatkan sesama anggota grup.

Jangan Terfokus Pada Materi (Uang)
Bila berpikir ngeblog bisa mendatangkan banyak materi (uang) mungkin kamu sedang tersesat,  segera kembali ke jalan yang benar.Ya memang ngeblog bisa menghasilkan uang tapi  butuh waktu yang lumayan lama, dan tak instan, belum lagi bila ingin blog/web kita  terlihat lebih profesional  ya kita harus mengeluarkan uang untuk keperluan domain, dan hosting. Sehingga tak ayal banyak blogger-blogger pemula yang putus asa karena apa yang diharapkan tidak sesuai kenyataan.

Cari Kesibukan disela-Sela Menulis 
Saat menyiapkan bahan (postingan) blog kita membutuhkan waktu yang lama untuk menatap laptop, HP. Sehingga mata lelah atau tubuh terasa kaku, alangkah baiknya  disela-sela mempersiapkan bahan untuk postingan blog lakukan kegiatan selingan misalnya main PS, Ngopi, peregangan. Hal bertujuan untuk meregangkan anggota tubuh yang terlalu lama duduk dihapan laptop, HP. Selain itu untuk merefres otak yang sedari tadi dipaksa untuk memikirkan bahan-bahan untuk postingan blog.

Masih banyak lagi hal bisa dilakukan untuk tetap menjaga semangat dalam melaksanakan aktivitas ngeblog sesuai diri kita masing-masing. Jangan lupa tulis dikolom komentar hal apa sih yang pembaca lakukan untuk tetap menjaga agar tetap semangat dalam melaksanakan akivitas didunia blogger selama ini.?

Badai Timur

Paruh Waktu Blogger Paruh Waktu Pendukung PSM Makassar | Lahir dan besar di salah satu Kabupaten yang menjadi bagian propinsi Sulawesi Selatan. Daerah memiliki julukan Kota Bersatu. Kadang juga disebut Bumi Panrita Kitta.

1 Comments

Previous Post Next Post