Memahami Istilah Ilmu SEO

Search Engine Optimization (SEO) atau bisa diartikan optimisasi mesin pencarian. Memahami ilmu SEO tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, butuh waktu bertahun-tahun, penulis sendiri samapai saat ini masih terus belajar memahami tentang ilmu SEO ini. pembaca sudah memiliki semua teorinya tetapi pembaca tidak bisa mempraktekannya secara langsung dan cepat. Semua butuh proses yang lama.
Hal yang paling dasar diajarkan biasanya adalah menguasai instalasi dasar website, kemampuan membuat tulisan yang SEO friendly atau kemampuan dalam menganalisis suatu data.
Dalam sebuah website terdapat terdapat istilah-istilah diantaranya DA, PA, TB, QB, PQ, MT, SS, MR dan OS.
Pasti pembaca mengetahui Teknik dalam Search Engine Optimization atau SEO, DA dan PA merupakan suatu yang saling keterkaitan dari Teknik SEO tersebut, karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap penelusuran search engine dan menentukan posisi website di dalam sebuah search engine.
Berikut ini penjelasan singkat mengenai DA, PA, TB, QB, PQ, MT, SS, MR dan OS :

DA (Domain Authority)
DA merupakan singkatan dari Domain Authority dimana itu adalah sumber kekuatan utama dari sebuah website yang mengarah ke sebuah system pemeringkatan dan algoritma dari suatu system yang sudah diterapkan oleh search enginenya dan juga digunakan untuk menentukan dimanakah atau seberapa posisi website pembaca dalam sebuah mesin pencarian.
Banyak yang bisa dilakukan untung meningkatkan Domain Authority ini yaitu dengan cara meningkatkan usia domain, meningkatkan jumlah blacklinknya, memperbanyak artikelnya serta memperbaiki artikel dalam web pembaca.

PA (Page Authority)
PA yang berasal dari singkatan Page Authority yang memiliki pengetian yaitu nilai atau kuaitas dari halaman dari website pembaca yang dinilai dan ditunjang dari seberapa baikah domain pembaca di sebuah mesin penelusuran.
Page Authority ini merupakan sebuah Domain Rank yang menentukan dimanakah posisi artikel pembaca akan berada, jadi bisa dibilang kalau Page Authority adalah pendongkrak SERP artikel pembaca di google.
Lalu ada juga hal yang dapat meningkatkan Page Authority ini yaitu dengan cara update artikel berkala karena dengan cara ini pembaca bisa meningkatkan PA dengan mudah karena semakin sering pembaca update maka PA pembaca juga akan cepat berkembang. Lalu selanjutnya pembaca dapat cari dan manfaat blacklink yang berkualitas.

TB (Total Backlink)
TB merupakan singkatan dari Total Backlink yang merupakan data banyak backlink atau tautan yang masuk kedalam situs pembaca.
Tautan tersebut bisa dalam sebuah bentuk konteks tautan Dofollow ataupun Nonfollow yang bisa didapat dari situs lain.

QB (Quality Backlink)
QB atau yang memiliki arti Quality Backlink adalah suatu nilai dari backlink yang pembaca peroleh dengan artian bahwa semakin tinggi score atau Qualitas Backlink yang pembaca peroleh, maka akan berdampak baik pada penilaian Domain yang pembaca miliki yang mana itu akan berpengaruh pada berkembangnya Domain Authority dan Page Authority.
Quality Backlink ini dapat dinilai dari sudut ppembacang domain score situs yang memberikan backlink tautan ke situs atau artikel pembaca. Jenis-jenis backlink yaitu ada Dofollow dan Nofollow.

PQ (Page Quality)
Page Quality memiliki pengertian yaitu kualitas dari halaman merupakan akumulasi dari jumlah backlink yang berhasil pembaca peroleh serta kualitas backlink dalam situs pembaca.

MT ( Moz Trust)
Most Trust merupakan sebuah kepercayaan yang bisa dibilang mirip dengan yang dinamakan dengan Moz Rank yang memiliki tingkatan popularitas yang dihitung dari seberapa banyak orang yang berkunjung ke domain pembaca.

SS (Spam Score)
Spam Score atau SS adalah akumulasi sebuah score yang dinilai buruk untuk website pembaca, spam score ini didapatkan dari DMCA, konten yang menyalin atau hukuman search engine.
Spam score ini memiliki 3 tingkatan yaitu Ringan (1-30%), sedang (31-60%), dan tinggi (61-100%).

MR (Moz Rank)
Moz Rank yang hampir mirip dengan Moz Trust yaitu menilai tingkat popularitas dari website yang mana itu dihitung dari banyaknya pengunjung situs pembaca.

OS (On, Off Page)
OS adalah persentase kualitas dari domain, artikel serta semua yang ada didalam situs pembaca dimana itu merupakan hasil akumulasi untuk dapat menunjukan semua aktivitas yang pembaca kerjakan.

Banyak lagi istilah-istilah dalam ilmu SEO, penjelasan di atas hanya sebagian dari pada ilmu SEO itu sendiri. Dari awal penulis memulai aktivitas blogging hingga saat ini, penulis masih berusaha untuk memahami istilah-istilah SEO yang begitu banyak. Memahami istilah dalam dunia blog khususnya Ilmu SEO akan sangat berguna dalam kita mengoptimalkan blog yang kita kelola.

Sumber  tulisan :


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url