Hal Yang Dialami Setelah Mengganti Domain



ilustrasi domain : sumber blog Dapur Hosting
Penulis memulai aktivitas blogger Maret 2017 lalu, dengan menggunakan platform Blogspot.com, mengingat sebagai pemula didunia blogger platform ini sangat mudah untuk penulis pahami ketimbang menggunakan WordPress. Meskipun tampilan WordPress lebih keren menurut orang-orang. Tapi soal selera tidak perlu diperdebatkan. Seiring berjalannya waktu penulis punya hasrat ingin mengupgrade  website ke Top Level Domain (TLD).Tapi sebelum penulis memutuskan untuk menggunakan TLD penulis banyak bertanya serta minta pertimbangan teman-teman di salah satu grup blogger tentang dampak yang akan timbul setelah saya melakukan upgrade domain. 

Dan sebelum betul-betul memutuskan untuk mengganti domain, sekali lagi penulis mencoba cari tahu kekurang kelebihan dari proses penggantian domain itu untuk meyakinkan diri. Keinginan untuk mengganti domain sudah dari awal tahun 2019 lalu, namun berbagai macam pertimbangan barulah dipertengahan bulan Juni ini penulis melakukan proses upgrade.

setelah memilih custom domain (TLD) pada blog/website yang dikelola. penulis pun merasakan dampak yang sangat terasa dintaranya: 

1. Pengunjung Berkurang Secara Drastis
Yah hal ini sangat wajar terjadi bila memutuskan mengganti domain baru. Sebab pengunjung bingung, dikarenakan alamat web kita yang sudah mereka kenali tiba-tiba hilang disebabkan pergantian domain ini. Segera daftarkan domain baru kita ke mesin pencari Google. Agar Google dapat mengarahkan pengunjung blog kita sebelumnya ke alamat domain kita yang baru dan proses ini tidak memakan waktu yang cukup lama.

2. Backlink Yang Telah Dibangun Akan Hilang 
Backlink adalah proses menanam sebuah link/tautan pada blog/website orang lain menuju website kita. Dan pada saat kita memutuskan mengganti domain maka secara otomatis akan sangat berpengaruh pada backlink yang telah kita bangun, apalagi bila kualitas backlink yang ada, sudah mampu mendongkrak posisi blog/website kita dimesin pencari.   

3. Peringkat Blog/Website Turun 
Mengganti domain blog/website pun akan sangat berdampak pada peringkat di mesin pencari, terlebih jika kita memiliki postingan yang sudah dapat bersaing pada halaman pertama Google, tapi jangan khawatir setelah mengganti domain perlahan-lahan akan normal kembali. Yang terpenting setelah pergantian domain, lakukan optimasi secara maksimal (daftar ulang ke semua mesin pencari “Webmaster Tools/Google Search Console”). Perbanyak share-share postingan di media sosial yang dimiliki. Hal ini dimaksudkan untuk memberitahu kepada pembaca bahwa kita telah telah mengganti domain. Ini juga agar kita tidak kehilangan pembaca setia blog kita sebelumnya. 

4. Iklan Adsense Berhenti Tayang 
Google AdSense salah satu produk Google, memungkinkan kita mendapatkan penghasilan dengan bergabung sebagai salah satu publisher. Adapun cara kerja Google AdSense yakni kita mengizinkan Google AdSense untuk memasang iklan dari mitra (perusahaan) yang telah bekerja sama dengan Google. Sama seperti blogger-blogger lain yang menjadi bagian publisher Google AdSense. Penulis pun mendaftarkan blog ini 2018 yang lalu, butuh waktu satu tahun untuk penulis mendaftarkan blog ini semenjak blog dibuat. April 2018 penulis mendaftarkan blog ini ke Google AdSense. Juni 2018 penulis mendapatkan email dari Google AdSense bahwa blog ini belum layak untuk jadi bagian publisher Google AdSense. Setelah melakukan perubahan yang diminta penulis mendaftarkan lagi dan Alhamdulillah Agustus 2018 penulis pun mendapat email pemberitahuan situs penulis diterima ( perasaan sangat senang dong hahaha) mengingat begitu susahnya untuk bisa diterima, saat ini penulis pun telah memperoleh PIN dari Google AdSense setelah menunggu Enam bulan lamanya. Setelah memutuskan mengganti domain ya penulis harus merelakan iklan AdSense penulis berhenti tayang (sedih pastinya). Setelah menunggu Empat Puluh hari setelah melakukan pergantian domain (TLD) penulis melakukan add site, tanpa menunggu 1x24 jam permintaan add site penulis untuk domain TLD ini diterima pihak Google dan iklan kembali tampil.

5. Domain Akan Dianggap Baru Oleh Google
Setiap ada perubahan pada alamat domain, maka secara otomatis Google akan menganggap blog/web kita baru. Meskipun kita sudah buat bertahun-tahun. Kita pun harus mendaftarkan blog kita ke mesin pencari Webmaster Tools. Dan ini sangat penting, Pembaca bisa mengetahui dampak bila tidak mendaftarkan ulang blog di mesin pencari disini.

kita pun akan merasakan manfaat disaat memutuskan menggunankan custom domain (TLD) diantaranya :

1. Tampilan lebih profesional
Tak bisa dipungkiri menggunakan custom domain (TLD) memberikan nilai jual tersendiri terhadap web/situs yang kita kelola ketimbang domain bawaan (blogspot maupun wordpress), karena terlihat lebih profesional dan memiliki nilai lebih di mata pengunjung situs kita.

2. Menjadi Daya Tarik Mendatangkan Banyak Visitor 

Seperti yang penulis sampaikan sebelumya menggunakan custom domain (TLD) blog terlihat lebih menarik sehingga menambah nilai plus dan pastinya vistior akan senang mengunjungi blog/website kita dan tak menutup kemungkinan ada dintara mereka berniat memasang iklan banner pada situs yang kita kelola.

3. Nama Domain lebih Mudah Diingat

Mengganti domain memudahkan kita atau bahkan pengunjung blog/website untuk mengingat alamat domain yang kita kelola, sebab domain (TLD) biasa menggunakan 2 hingga 4 huruf ( id. co, net, xyz, My.id, masih banyak lagi yang lain ), ketimbang domain bawaan blogspot.com dan WordPress.com. Pastikan pertimbangkan domain yang diinginkan sebelum membeli sebab harga domain custom (TLD) bervariasi tergantung masa aktif domain itu, serta penyedia domain itu sendiri. Penulis sarankan bila ingin membeli domain custom  bisa memesan di NiagaHoster (ini bukan promosi ya hehehe).

4. Akan Mendatangkan Banyak Backlink

Memutuskan mengganti domain bawaan ke TLD akan berpengaruh terhadap backlink karena orang akan berlomba-lomba ingin mendapatkan backlink pada situs yang kita kelola. Terlebih jika tulisan-tulisan pada situs kita mempunyai nilai lebih di mata mereka. secara langsung akan meningkatkan peringkat situs kita dihalaman pencarian Google.

Tulisan ini bisa jadi pertimbangan buat para pembaca sebelum melakukan upgrade domain. Dan bila ingin melakukan upgrade  domain sebaiknya dari awal ketika kita sementara merintis (belum banyak pengunjung, belum daftar Google AdSense) dan yang terpenting siapkan budget sesuai kebutuhan domain yang akan anda inginkan.    


Next Post Previous Post
2 Comments
  • Teuku Arif
    Teuku Arif August 25, 2020

    artikel yang sangat membantu gan. kunjungi juga blog baru saya https://obatnalar.blogspot.com/

    • Badai Timur
      Badai Timur August 25, 2020

      terima kasih gan. kritik dan saran kami tunggu untuk penyempurnaan tulisan ini

Add Comment
comment url