CARA MERAWAT HARD DISK AGAR TAHAN LAMA


Hardisk merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah Laptop/Notebook.  Sebab inilah bagian (hardwere) dimana data-data kita yang ada dalam laptop dan notebook tersimpan. Lama atau singkatnya suatu hardisk dalam Laptop/Notebook dapat digunakan sangat tergantung pada bagaimana cara kita merawatnya. Tanpa kita sadari kadang ada beberapa kebiasaan yang kita lakukan tanpa kita sadari dapat mempengaruhi lama singkat hardisk laptop/notebook dapat digunakan
 Pada kesempatan ini saya ingin berbagi kiat-kiat dalam merawat hardisk agar bisa  dipakai dalam jangka watu yang lumayan lama.
1.    Pilih Hardisk Sesuai Kebutuhan
Memilih Hardisk yang sesuai dengan kebutuhan merupakan cara ampuh untuk mengatasi kerusakan yang terjadi. Jika kamu menggunakan Hard Disk untuk pekerjaan yang cukup berat atau yang berhubungan dengan IT saya sarankan untuk menggunakan HDD diatas kapasitas 500GB dengan kecepatan 7200 RPM. Namun jika sebaliknya kamu hanya menggunakan hardisk untuk kegiatan normal seperti browsing, hiburan, dan kegiatan ringan lainnya cukup menggunakan HDD dibawah 500GB dengan kecepatan 5400 RPM atau lebih.
  2.    Gunakan Stabilizer atau Stavolt
Komputer yang terlalu sering mati mendadak karena putusnya listrik atau turunnya tegangan hanya akan memperpendek umur hardisk. Jika hardisk yang sedang melakukan proses menulis dan membaca data dipaksa untuk berhenti karena mati mendadak, maka piringan dalam hardisk bisa menjadi rusak. Tidak hanya itu, data-data kamu yang ada didalamnya juga bakal ikut terancam.
  3.    Jangan Terlalu Sering Menginstall Ulang
Mungkin sebelumnya diantara kita sering melakukan instal ulang mungkin sebaiknya kebiasaan kita yang selalau menginstal ualng Laptop/ Notebook sebaiknya dihentikan sebab  Jangan pernah  bermain-main dengan install ulang. Proses install ulang sangat berhubungan dengan keawetan hardisk karena hardisk bekerja dengan sangat kerasa ketika proses install ulang berlangsung. Oleh sebab itu janganlah terlalu sering melakukan install ulang jika memang tidak diperlukan.
4.    Membiasakan memoonitor temperatur hardisk, jaga jangan sampai hardisk mengalami overheat dan pasangkan anti virus
Sama seperti komponen hardware yang lain, hardisk juga harus kita jaga agar jangan sampai mengalami overheating (panas berlebih) yang bisa menyebabkan kerusakan pada hardisk. Jaga agar ventilasi laptop (biasanya pada sisi sebelah kiri) tetap lancar dengan cara rajin membersihkannya, menempatkan laptop pada posisi yang datar, tidak menempatkannya di tempat yang bergelombang seperti kasur atau karpet yang bisa menyumbat aliran udara yang mengalir dari ventilasi laptop, serta menggunakan cooling pad, yang bisa mendinginkan laptop secara keseluruhan.
Dengan meng-instal antivirus yang selalu update sehingga akan meminimalkan resiko kerusakan hardisk karena adanya serangan virus seperti virus boot sector, virus yang memakan space hardisk dll. Untuk daftar antivirus yang dapat kita gunakan bisa dilihat di postingan tentang “antivirus terbaik untuk laptop” sebelumnya.
5.    Biasakan Membackup Hardisk secara berkala
Merawat hardisk tidak saja melakukan perawatan dari segi hardware atau fisiknya saja, tetapi merawat data-data yang terdapat didalamnnya juga termasuk cara merawat hardisk. Salah satu cara untuk merawat data-data hardisk adalah dengan melakukan backup yang bertujuan untuk mendapatkan duplikat dari hardisk tersebut baik berupa data ataupun system operasi. Jadi apabila suatu saat terjadi kerusakan pada hardisk, maka kita bisa melakukan recovery secara cepat. Tentang cara melakukan backup hardisk ini akan dibahas pada srtikel khusus tentang cara backup dan recovery.
Demikian beberapa kiat-kiat  yang dapat saya berikan mengenai cara menjaga hardisk agar tahan lama. Bila tulisan ini memberikan manfaat jangan lupa like, comment, serta share agar lebih banyak lagi orang yang terbantu dengan tulisan sederhana ini.

Badai Timur

Paruh Waktu Blogger Paruh Waktu Pendukung PSM Makassar | Lahir dan besar di salah satu Kabupaten yang menjadi bagian propinsi Sulawesi Selatan. Daerah memiliki julukan Kota Bersatu. Kadang juga disebut Bumi Panrita Kitta.

4 Comments

Previous Post Next Post