TIPS BATERAI LAPTOP/NOTEBOOK TAHAN LAMA

Baterai pada Laptop/Notebook merupakan salah satu komponen penting. Melakukan perawatan menjadi kewajiban yang harus dilakukan agar baterai laptop tidak mudah rusak dan berumur panjang, karena laptop menjadi barang penting yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia modern. Saat ini kehidupan sangat bergantung dengan berbagai barang elektronik. Laptop adalah salah satu benda yang memiliki peran vital dalam menunjang aktivitas. Merawat baterai laptop adalah salah satu trik jitu untuk membuat benda tersebut tidak mudah rusak. Penggunaan laptop yang tanpa henti bisa membuat baterai mudah mengalami masalah.     
Sebelum baterai laptop menjadi lemah karena disebabkan oleh kerusakan ada baiknya bila Anda merawat baterai laptop dengan baik dan bena. Berikut ini penulis berikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat baterai laptop/notebook berdasarkan pengalaman pribadi serta pengalaman beberapa teman menulis, diantaranya:
1. Cabut Charger Saat Daya Sudah Mencapai 100%
    Jika daya baterai laptop kamu sudah 100% langsung saja cabut charger tersebut. Jika tidak segera anda cabut maka akan memperpendek jangka waktu umur baterai itu sendiri, Membuat arus listrik terus mengalir, sedangkan baterai telah terisi penuh dan membuat laptop juga tidak akan hidup lebih lama lagi.
2. Pastikan Gunakan Charger yang Original
    Pastikan baterai yang kamu gunakan masih original atau masih bawaan pabrik laptop tersebut. Jangan pernah coba-coba untuk menggunakan charger teman dengan alasan port chargernya sama. Bisa jadi dengan menggunakan charger yang lain membuat artus listrik tidak stabil dan bisa membuat baterai cepat rusak karena arus yang terlalu tinggi. Kamu bisa lihat pada setiap charger memiliki standar yang berbeda-beda.
3.  Charging Laptop Dalam Keadaan Mati
     Kamu harus tau, untuk mengisi daya pada laptop pastinya laptop harus dalam keadaan mati. Hal ini bertujuan supaya daya baterai lebih cepat penuh, beda jika kamu mengisi daya baterai dengan keadaan laptop yang masih menyala dan digunakan terus terusan, maka pengisian baterai akan memakan waktu yang lama.
4.  Jangan Menunggu Charge Laptop Hingga 0%
     Saat kamu berniat untuk mengisi daya, dimohon jangan menunggu baterai sampai 0%. Kenapa? Karena alangkah baiknya kamu mulai charge/cas laptop kamu saat daya 20%. Hal ini dilakukan supaya baterai lebih awet dan tidak mudah terjadi kerusakan dikemudian hari.
5.  Sebaiknya Menghaapus Aplikasi yang Tidak digunakan
     Sebenarnya secara tidak sadar ada banyak aplikasi berjalan walaupun kita tidak pernah menjalankannya. Kamu bisa melihat hal itu, bisa di cek melalui Windows Task Manager. Pada bagian tersebut kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang selalu berjalan di belakang layar. Agar baterau laptop kamu lebih awet dan tidak membebani kinerja CPU, alangkah baiknya jika kamu mematikan atau menghapusnya sekalian aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan.
Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan agar tetap menjaga baterai Laptop/Notebook bisa digunakan hingga beberapa tahun dan diatas beberapa diantaranya. semoga tulisan yang diberikan  dapat bermafaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url