Mengatasi laptop lemot


1. Harddisk Penuh 

Salah satu penyebab kinerja laptop menjadi lemot adalah harddisk yang sudah terlalu penuh. Perlu anda ketahui, sistem operasi (baik windows maupun mac) membutuhkan kapsitas tersendiri untuk temporary files,swap files, fragmentation, dan lain sebagainya.

Solusi : untuk mengatasi masalah tersebut, anda wajib mengurangi jumlah file yang tersimpan. Ada beberapa caranya, seperti menghapus file tidak penting, menghapus cache ataupun thumbnails atau memindahkan file tersebut ke penyimpanan eksternal

2. Kapasitas RAM Kecil

Penyebab lainnya dari lemahnya kinerja laptop adalah kapasitas RAM yang kecil. Ketika anda sering membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. RAM akan kekuranga kapsitas, dan berpengaruh pada performa laptop yang anda gunakan.

Solusi : untuk mengatasi masalah ini. Anda bisa mencoba untuk menambhakan kapasitas ram. Beberapa laptop sekarang telah menyediakan slot dual-channel agar pengguna bisa menambah kapsitas RAM dengan mudah.

3. Terlalu Banyak Aplikasi

Kalau strorage dan RAM pada laptop aman-aman saja, mungkin penyebab lainnya terlalu banyaknya aplikasi yang dibuka. Setiap aplikas akan memintah “ jatah” untuk menggunakan prosesor, memori, dan harddisk, jadi akan membebani tiga komponen tersebut jika terlalu bnayka yang dibuka.

Solusi : jika komputer sudah terasa lambat, kurangi jumlah aplikasi yang dibuka perlu dicatat, banyaknya jendela atau tab browser juga akan membebani laptop. Selain itu, kurangi aplikasi yang berjalan secara otomatis saat startup.

4. Laptop terkena Virus/Malware

Virus atau malware adalah musuh utama laptop perangkat elektotronik lainnya. Virus tentu sjaja menjadi salah satu penyebab utama kenapa laptop bisa lemot virus atau malware biasanya muncul ketika anda suka mengunduh file atau program dari situs yang tidak aman.

Solusi : lakukan pemindaian untuk menentukan virus-virus yang tersembunyi. Pastikan juga, anda selalu berhati-hati saat mgunduh file atau transfer data ke laptop yang digunakan.

5. Umur Harddisk Sudah Tua

Jangan pernah berpikir kalau perangkat elektronik bisa dipakai selamannya. Seperti barang-barang lain. Perangkat elektronik seeprti laptop pun punya umur atau masa pakai. Komponen seperti harddisk bisa menua dan akan berkurang kinerjanya.

Solusi : apabila ini terjadi, anda harus segera mengganti harddisk pada laptop. Tapi sebelum itu, lakukan backup data peting terlebih dahulu. Selanjutnya, anda bisa menggunakan HDD ataupun SDD untuk kinerja jauh lebih baik


Next Post Previous Post
1 Comments
  • AY Poduction
    AY Poduction December 05, 2020

    makasih tipsnya 🤗

Add Comment
comment url