Kelebihan SSD dibanding HDD


Pilihan SSD atau HDD sebetulnya kembali ke pribadi pengguna masing-masing. Sebab keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Lalu apa sih kelebihan yang ditawarkan dari SSD sehingga saat sekarang banyak direkomendariskan saat sekarang berikut penulis coba ulas beberapa diantaranya :

1. Hemat daya listrik dan ramah penggunaan 

Selain persoalan kecepatan SSD lebih unggul dalam hal penggunaan daya listrik dan lebih ramah pengguna. Sebagai gambaran HDD membutuhkan lebih dari 10 watt, sedangkan SSD tidak lebih dari 1 watt saja. Dilain hal HDD umumnya akan menimbulkan hawa panas berlebihan saat digunakan. Lain halnya dengan suhu pada SSD yang dinilai jauh lebih terjaga. Selain itu, karena SSD tidak menggunakan putaran motor, maka SSD tidak akan menimbulkan suara bising.

2. Komponen dan prinsip kerja 

Teknologi pemrosesan HDD terdiri dari komponen piringan, motor, dan lengan yang salng terhubung. Proses penulisan dan pembacaan data yang terjadi pun tergolong masih mekanik. Proses tersebut terjadi di mana piringan diputar oleh motor dan ujung dari lengan yang terhubung dengan komponen elektronik berfungsi untuk memebaca dan menulis data dipiringan cakram tersebut. Berbeda dengan SSD. Perangkat ini justru menggunakan komponen elektronik seperti intergrated Circuit atau IC dan microcip. Kurang lebih, sistem ini mirip seperti flashdisk ataupun pada memori RAM.

Sumber Gambar : teknikit.com
3. Berat dan Ukuran

Komponen atau material yang digunakan pada HDD memiliki massa yang tergolong berat. Komponen tersebut di antaranya platter, head, dan lainnya, tentu juga akan berpengaruh pada dimensi dan berat dari HDD secara keseluruhan. Berbeda dengan SSD yang tidak menggunakan piringan cakram, membuat ukuran SSD bisa diminimalkan hingga menjadi 2,5 inci saja. Dengan ukuran tersebut, tentunya SSD dapat lebih mudah beradaptasi pada laptop atau tablet keluaran terbaru yang memiliki dimensi dan ukuran yang super ringkas dan tipis.

4. Fragmentasi

Saat kapasitas HDD mulai penuh dengan beragam file dan data, maka data-data yang sudah tersimpan tersebut dapat terpencar, kondisi inilah yang disebut fragmentasi. Kondisi ini, tentu dapat mengakibatkan turunnya kinerja HDD itu sendiri. Jika hal ini terjadi, umumnya kita melakukan defrag untuk bisa memulihkan kinerja HDD tersebut. Lain halnya dengan SSD. Kita tidak perlu memikirkan persoalan tersebut, karena teknologi penyimpanan pada SSD yang sudah menggunakan chip flash.

5. Kecepatan baca dan tulis data 

Teknologi SSD merupakan perkembangan dari teknologi HDD, sudah pasti akan lebih unggul dalam persoalan kecepatan. Kecepatan SSD sendiri sangat signifikan, bahkan bisa mencapai 8 kali lebih cepat dibanding dengan HDD. Sebagai gambaran, PC yang sudah menggunakan SSD dapat melewati proses booting dalam hitungan detik saja pastinya tidak lebih dari 1 menit

Semoga bermanfaat, ditunggu kritik dan saran atau ulasan dari pembaca yang telah menggunakan SDD. 


Next Post Previous Post
1 Comments
  • Tomy Agung
    Tomy Agung December 16, 2020

    Terimakasih yah kak infonya sangat membantu

Add Comment
comment url