Proses Instal Ulang Windows 7 Ultimate 32 Bit


Logo Windows 7
Kali ini penulis mencoba membahas proses instal ulang Windows 7 32 bit. Sebelum melakukan proses instal ulang hal penting yang harus disiapkan FlashDisk Instalan Windows. Bila pembaca belum membuat Flashdisk instalan bisa dibaca disini. Salah satu hal dasar yang mesti diingat saat menginstal laptop yakni proses masuk ke sistem bios, sebab setiap laptop memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke sistem bios. Untuk laptop asus dan acer F2, laptop Lenovo ( Fn+F2 ), ada pula jenis laptop yang proses masuk ke bios dengan menekan lubang kecil disekitar lumbang cas menggunakan peniti. Berhubung kali ini penulis menggunakan laptop compaq jadi untuk masuk ke bios dengan  tekan F9. dibaca secara teliti tahap-tahapnya dibawah ini agar mudah memahami proses menginstal ulang: 

Colokkan FlashDisk instalan pada port USB,  pastikan laptop dalam keadaan mati.

Tekan power  dan F9 secara bersama untuk masuk ke settingan bios.

Pada menu bios ubah pengaturan. Tempatkan usb instalan sebagai prioritas dengan menekan F5 untuk turun dan F6 untuk naik. Ada pula laptop yang menggunakan tanda panah naik atau turun. Setelah selesai tekan  F10 untuk menyimpan.

Setelah menyimpan laptop akan restart ulang akan muncul tulisan disudut kiri atas silahkan tekan enter atau spasi.

Akan muncul kotak dialog Instal windows activated berisi pengaturan bahasa silahkan pilih US, pengaturan waktu silahkan pilih Indonesia dan us untuk pengaturan keyboard lalu enter (instal).

Setelah itu akan tampil kotak dialog berisi operating System Windows akan muncul beberapa OS yang sebelumnya telah dibuat. Penulis sendiri membuat booting 3 windows dalam satu file (Windows 7 Windows 8 dan windows 10 32 bit dan 64 bit). *mesti diingat bila melakukan instal dan pilihan yang ada 86 bit bukan 32 bit tidak usah bingung sebab 86 bit sama dengan 32 bit. Lalu pilih windows yang dinginkan windows 7 untimate 32 bit atau 86 bit lalu next.

Centang I agree  lalu pilih next.

Pilih custom (advanced).

Akan muncul kotak berupa pilihan partisi-partisi yang akan kita format/delete. Jumlah partisi laptop berbeda-beda tergantung kebutuhan pemiliknya. Proses ini kita akan menghapus partisi C (system). Sangat penting untuk diperhatikan, bila salah dalam melakukan format atau delete partisi, akan berakibat file-file penting hilang. Penulis sendiri sebelum melakukan proses instal ulang selalu memfoto data–data laptop ( Data C, Data D, Data E) untuk mengetahui kapasitas masing-masing partisi, agar pada saat proses menghapus/menformat partisi tidak mengalami masalah (salah dalam menghapus atau menformat partisi).

Setelah melakukan penghapus/menformat partisi data C system. klik data C setelah itu klik next. 

Akan muncul kotak pemberitahuan proses instalan berjalan. Tunggu hingga laptop/notebook restart.
Setelah laptop menyala kembali, laptop akan menyelesaikan proses yang telah berjalan sebelum laptop terrestart. 

Akan muncul kotak pengaturan nama, password, pengaturan jam. Setelah mengisi semua silahkan next untuk mengakhiri proses instalan.  

Bagaimana.? Cukup mudah bukan. Proses ini tidak membutuhkan waktu yang begitu lama. Cukup 1 hingga 3 jam untuk menyelesaikan proses instal ulang hingga pemasangan aplikasi-aplikasi standar Laptop/Notebook. Biasakan melakukan instal ulang laptop/notebok 6 bulan sekali, atau bila dirasa kinerja laptop notebook mulai berat. 

Next Post Previous Post
2 Comments
  • aaaa
    aaaa June 27, 2020

    mantul...

    • Badai Timur
      Badai Timur June 28, 2020

      terima kasih gan telah berkunjung

Add Comment
comment url