Laptop Terkena Cairan, Lakukan Hal Ini


Ilustrasi Laptop Terkena Tumpahan Cairan
Mendekatkan minuman kesukaan saat mengoprasikan laptop salah satu hal yang lazim di lakukan orang-orang kepratisan menjadi alasan, mereka tidak ingin bolak-balIk ke dapur untuk mengambil minum saat haus. namun bagaimana jika laptop tanpa sengaja terkena tumpahan cairan kopi, teh, susu, dan yang lainnya.? Langkah apa yang mesti dilakukan saat itu terjadi.? Kali ini penulis ingin mengulas sedikit tindakan apa yang diambil saat laptop terkena tumpahan cairan.

1. Lepaskan semua kompenen yang mudah dilepaskan 
saat setelah laptop tersiram cairan, usahkan segera lepas semua komponen pada laptop yang mudah dilepas. Pastikan bahwa laptop sudah dalam keadaan mati. Serta perangkat lain Mouse, flashdisk serta kabel-kabel-kabel yang terpasang telah dilepas. Gunakan obeng untuk membuka komponen-komponen letaknya didalam.

2. Keringkan bagian luar mesin
Setelah membuka seluruh komponen yang ada pada laptop, keringkan semua permukaan luar laptop yang terlihat basah dengan menggunakan handuk atau kain yang mampu menyerap basah secara sempurna. Pastikan semua permukaan yang terlihat basah telah dikeringkan.

3. Periksa kompenen yang telah dilepaskan
Periksa kembali semua komponen yang telah dilepaskan sebelumnya seperti, baterai, keyboard, dan komponen lain. hal ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah ada tanda-tanda kebasahan atau korosi. Apabila cairan yang membasahi selain air, gunakan kapas dengan 99 % isopropil alkohol untuk melarutkan karatan tanpa menyebabkan keruskan dan akan menguap tanpa meninggalkan residu.

4. Keringkan di tempat hangat
Setelah membersihkan semua komponen keringkan semuanya di tempat yang hangat selama dua atau tiga hari. Kamu pun bisa menggunakan kipas angin untuk membantu pengeringan. Mesti diingat  jangan menggunakan hairdryer  atau mesin pengering rambut, sebab hal ini dapat mengakibatkan masalah statis. Setelah memastikan semua komponen telah benar-benar kering, kamu dapat memasangnya kembali.

bila kamu ragu untuk melakukan sendiri di rumah, segera bawah ke tempat service untuk mendapatkan penanganan. Sebagai tambahan untuk melindungi laptop yang kamu miliki, kamu dapat membeli slikon key cover atau penutup penuh menutupi bagian atas atau bawah laptop, pastikan lubang ventilasi tidak tertutup bila kamu menggunakan alat tersebut.


Semoga pembahasan singkat diatas bermanfaat. bila punya pengalaman atau kiat-kiat lain silahkan tulis di kolom komentar 



Sumber tulisan :



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url