Kiat-Kiat Merawat Keyboard Laptop Agar Lebih Awet



Perangkat elektronik terutama laptop menjadi kebutuhan prioritas  di zaman yang serba digital saat ini, baik untuk dunia kerja maupun aktivitas lainnya, sehingga apabila terdapat kerusakan tentunya akan sangat mengganggu, baik kerusakan pada software sistem maupun hardware. Salah satu komponen yang perannya begitu penting pada laptop yakni keyboard. Keyboard merupakan salah satu komponen yang cukup rawan mengalami kerusakan. Mulai dari tombol yang salah memasukan karakter hingga tombol tidak berfungsi sebagian bahkan seluruhnya. Kali ini penulis ingin memberikan kiat-kiat agar keyboard laptop agar lebih awet, seperti apa kiat-kiat itu mari simak pembahasan singkat penulis dibawah ini : 


1.   Jangan menekan terlalu kencang
Setiap laptop memiliki tekanan yang berbeda-beda. Memenkan keyboad terlalu kencang biasa dilakukan oleh gamers yang terbawah suasana permainan games tersebut. Bila kamu menekan tombol laptop  terlalu keras secara berulang-ulang  dapat menyebabkan keyboard laptop menjadi cepat rusak, hal itu dapat  dihindari bila kamu menekan keyboard tidak begitu keras secara berlebihan.

2.   Gunakan Keyboard Cover
Cover Keyboard sangatlah penting kegunaannya karena keyboard cover mampu melindungi keyboard laptop dari debu dan cairan. Harga dari keyboard cover ini bervariasi tegantung jenis keyboard laptop kamu, jangan khawatir keyboard cover umumnya dijual dengan harga murah kok. Jika kamu menggunakan keyboard cover ini, akan mengurangi masuknya debu dan cairan kedalam sela-sela keyboard laptop. Apalagi jika kamu tidak menggunakan cover keyboard pasti ada kotoran masuk ke sela-sela keyboard laptop ditambah lagi jarang dibersihkan, maka akan menyebabkan error bahkan kerusakan pada keyboard.

3.   Rutin membersihkan keyboad
Kapan terakhir kamu membersihkan keyboard dari debu yang menempel.? Terlalu banyak debu yang menempel pada keyboard membuat kita merasa tidak nyaman menggunakannya. Oleh sebab itu mulailah rutin membersihkan keyboad dari debu yang menempel dengan menggunakan lap atau kuas yang dirancang khusus untuk membersihkan keyboard. Kuas perbersih, alat  ini dapat kamu beli  ditoko-toko laptop di kotamu  dan harganya pun tidak terlalu mahal.

4.  Jauhkan dari cairan
Saat bekerja, bermain games atau menonton film menggunakan laptop kita akan menaruh minuman seperti teh, kopi, dan air putih dekat dengan laptop. Tujuannya agar  mudah diraih saat kita merasa haus. Tidak masalah hal ini dilakukan, tapi kita harus tetap ekstra berhati-hati jika minum didekat keyboard, jika terjadi tumpahan air dan mengenai laptop maka akan menyebabkan keyboard laptop menjadi cepat rusak dan tidak awet.

5.  Jangan menaruh benda berat diatas keyboard laptop
Jika kamu menaruh benda berat diatas keyboard laptop, maka tidak  hanya memberikan tekanan pada keyboard tetapi komponen lain pun ikut berpengaruh. Hindari hal ini bila ingin laptop kamu tahan lama dan awet.

6.   Gunakan keyboard Eksternal
Bila kamu seorang gamers baiknya kamu menggunakan keyboard eksternal. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari menekan keyboard secara kencang. Sekalipun menekan secara kencang maka yang rusak keyboard eksternal  maka cara menggantinya pun mudah dan harganya terjangkau lebih murah dari keyboard bawaan laptop.

Demikian pembahasan singkat penulis bagaimana merawat keyboad agar lebih tahan lama digunakan. Penulis sendiri baru sekali mengganti keyboard laptop yang penulis miliki tepatnya 2016 lalu. Sekali lagi, lama tidaknya keyboard laptop digunakan tergantung cara kita menggunakan. Bila pembaca memiliki kiat-kiat tersendiri silahkan tulis di kolom komentar.






Next Post Previous Post
2 Comments
  • alchosilber
    alchosilber July 19, 2020

    Biasanya malah tak banting2 Bang, hehe

    • Badai Timur
      Badai Timur July 20, 2020

      Sulatan mah bebas bang hahaha.

Add Comment
comment url