Membuat Booting Windows Menggunakan Aplikasi Rufus

Booting windows merupakan proses membuat/mengubah CD maupun FlashDisk biasa menjadi CD, FlashDisk khusus untuk instalan windows. Sebelumnya orang-orang menggunakan CD untuk melakukan Proses Booting Instalan Windows, seiring berjalan waktu dan perkembagan teknologi proses booting windows menggunakan CD perlahan-lahan mulai ditinggalkan dan digantikan dengan FlashDisk, kepraktisan menjadi alasan. Selain itu, bentuk FlasDisk yang lebih kecil dan kapasitasnya jauh lebih besar ketimbang CD itu sendiri.

Sebelum melakukan proses booting windows, ada aplikasi yang mesti disiapkan terlebih dahulu diantaranya aplikasi Rufus. Penulis sendiri menggunakan Rufus versi 2.16.1170 ada banyak versi rufus, bila ingin mengggunakan rufus versi berbeda tidak masalah fungsinya pun tetap sama. jika belum punya silahkan download aplikasi rufus terlebih dahulu, File Windows dalam bentuk ISO, FlashDisk minimal 4 GB.Pastikan FlashDisk dalam kondisi kosong. kali ini penulis ingin membuat booting windows7,8,10 dalam satu file maka penulis menggunakan FlashDisk 16 GB.

Silahkan colokan FlasDisk, USB laptop yang tersedia. 

Buka aplikasi rufus yang telah di download sebelumnya, rufus secara otomatis mendeteksi FlashDisk.



Pilih pengaturan  format ISO image serta  pilih icon pemutar CD seperti gambar dibawah.





setelah memilih icon pemutar CD  Akan muncul file Windows dalam bentuk ISO silahkan pilih sesuai windows yang ingin dibooting. Penulis memilih windows 7,8,10.







Setelah memilih windows yang inginkan, silahkan memulai proses instalan dengan menekan start.

Setelah menekan start akan muncul dialog pemberitahuan proses instalan silahkan menekan OK dan proses instalan pun mulai berjalan. 




Proses instalan  berjalan silahkan tunggu hingga proses selesai.






Setelah proses selesai, jangan lupa mengecek FlasDisk instalan yang telah kita buat untuk mengetahui proses berjalan sesuai keinginan.






Bagaimana cukup mudah bukan. Proses ini pun tidak begitu lama kira-kira 15 menit.  FlashDisk kini siap digunakan untuk proses instalan sesuai windows yang telah dibooting sebelumnya. Satu hal yang mesti diingat FlashDisk Instalan jangan digunakan untuk memindahkan file data lain, karena secara langsung membuat booting tidak berfungsi lagi. 


Badai Timur

Paruh Waktu Blogger Paruh Waktu Pendukung PSM Makassar | Lahir dan besar di salah satu Kabupaten yang menjadi bagian propinsi Sulawesi Selatan. Daerah memiliki julukan Kota Bersatu. Kadang juga disebut Bumi Panrita Kitta.

7 Comments

Previous Post Next Post