Langkah Mudah Cadangkan Chat WhatsApp

Icon WhatsApp
Pernah nggak tiba-tiba smartphone kamu bermasalah dan semua data penting yang ada didalamya hilang tak tersisa, termasuk data-data yang ada di aplikasi WhatsApp. Perasaan kalian pastinya sangat sedih, bukan. Kali ini penulis ingin berbagi mengenai salah satu fitur yang ada pada aplikasi WhatsApp. Cadangkan chat salah satu fitur pada aplikasi WhatsApp berfungsi melindungi data-data penting kita. Semua data pada aplikasi WhatsApp akan dicadangkan pada Google Drive. Adapun fitur cadangkan chat dapat digunakan kapan pun, sehingga bila smartphone bermasalah kita tak perlu khawatir karena ketika menginstal ulang aplikasi WhatsApp. Semua chat serta data lain akan kembali disaat terakhir kali melakukan proses cadangkan chat.
Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur cadangkan chat.? Mari simak secara teliti penjelasan penulis berikut ini :

Buka seperti biasa aplikasi WhatsApp anda, pada pojok sebelah kanan atas silahkan kilik  tombol titik tiga yang ada disudut kanan atas seperti pada gambar berikut.


Setelah menekan tanda titik tiga akan muncul pilihan menu diantaranya (Grup baru, Siaran baru, WhatsApp Web,  Pesan Berbintang, Setelan).



lalu  tekan setelan, dan akan muncul beberapa menu ( Akun, Chat, Notifikasi, Data dan Penyimpanan, Bantuan, Undang teman) seperti pada gambar dibawah ini.





silahkan memilih menu chat, seperti pada gambar dibawah ini.



Setelah menekan menu chat akan muncul beberapa menu diantaranya ( tema, walpaper, cadangkan chat riwayat chat) silahkan pilih menu cadangkan chat


pada menu cadangkan chat akan muncul informasi kapan terakhir kali kita melakukan pencadangan, serta menu cadangkan. Silahkan pilih menu cadangkan.



Setelah memilih cadangkan, proses akan berlangsung semua data akan dibackup di Google Drive. Lama tidaknya proses mencadangkan chat ini tergantung kapasitas chat kita, serta kecepatan koneksi internet. Sebaiknya bila ingin melakukan proses ini penulis sarankan menggunakan koneksi Wi-Fi agar menghindari penggunaan data seluler secara berlebihan serta efesiensi waktu. Pastikan bahwa proses ini selesai sebelum meninggalkan tempat dimana anda mengunakan koneksi Wi-Fi. 


Bagaimana.? cukup mudah bukan. Jadi sebisa mungkin lakukan proses cadangkan chat  secara berkala sebulan sekali, tiga bulan sekali agar disaat aplikasi WhatsApp anda bermasalah dan melakukan pemasangan ulang chat bisa kembali, disaat terakhir kali anda melakukan proses pencadangan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url