Daftar Google AdSense Melalui Blog Perhatikan Hal Ini

Apa Itu Google AdSense.?

Logo Google AdSense
Google AdSense satu produk yang dimiliki Google, dimana kita bisa mendapatkan penghasilan  melalui  mitra (perusahaan) yang telah bekerjasama dengan google untuk meletakkan iklan diblog kita.  Untuk bisa menjadi bagian Google AdSense kita bisa mendaftar melalui dua platform yang disediakan google yakni youtube (Content Creator) atau blog/website (publisher) keduanya memiliki kriteria tersediri dalam proses pendaftaran. kali ini penulis akan membahas sedikit seperti apa yang mesti dipenuhi agar bisa menjadi bagian Google AdSense. Khususnya mereka yang ingin mendaftar melalui blog/website kadang diistilahkan publisher.

Hal-hal Yang Mesti Diperhatikan Calon Publisher Sebelum Mendaftar Google AdSense :  
Dalam mendaftarkan  blog agar  bisa diterima jadi bagian Google Adsense sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut  diantaranya :

Surat PIN dari Google AdSense
Usia  Blog
Salah satu hal yang penting bila ingin mendaftarkan blog yang dimiliki. Banyak blogger terburu-buru mendaftarkan blog yang dimilikinya padahal usia blog belum genap beberapa bulan (belum layak).  Beberapa pendapat mengatakan baiknya umur blog 3 bulan sudah bisa  bahkan 6 bulan, bahkan ada yang berpendapat bila menggunakan Top Level Doman (TLD) (com, id, xyz dan sebagainya) blog mudah untuk diterima (* tidak ada jaminan langsung diterima). Sekedar tambahan sebelum mengganti domain blogspot ke TLD, penulis sendiri sudah mendaftar Google AdSense mendapatkan PIN. Butuh waktu 40 hari untuk mendapatkan persetujuan Google AdSense setelah penulis melakukan add site untuk domain ini (TLD). Pada saat melakukan pendaftaran Google AdSense (blogspot), Blog yang penulis kelolah berusia kurang lebih satu tahun dua bulan dan hasilnya ditolak, setelah memperbaiki kesalahan dan menunggu dua bulan ( menambah postingan, meningkatkan jumlah pengunjung), Penulis kembali mendaftar dan diterima. 

Template
Template pun berpengaruh terhadap blog, mudah tidaknya diterima bagian publisher. Sebab banyak template yang tidak mendukung penempatan iklan dari Google Adsense serta tidak  Responsif dan Mobile Friendly). Jadi sebelum mendaftar pastikan tamplate yang digunakan sudah mememuhi syarat (lakukan pengecekan tempale untuk mengetahui template  Responsif dan Mobile Friendly).

Jumlah Pengunjung
Belum ada patokan pasti dalam menentukan jumlah pengunjung untuk sebuah blog diterima google AdSense. Namun sebelum memutuskan mendaftar Google AdSense, alangkah baiknya bila sudah memiliki pengunjung tetap yang siknifikan.

Terdaftar Mesin Pencari Google
Mendaftarkan blog/situs dimesin pencari merupakan hal mutlak yang harus dilakukan, namun terkadang hal ini luput dari perhatian calon publisher. Mereka berfikir setelah membuat blog  maka secara otomatis blog/website mereka sudah ada dimesin pencari, padahal tidak demikian. Kita tetap harus mendaftarkan dimesin pencari  google, bing, Yahoo dan sejenisnya.

Rutin Memperbaharui Postingan
Saat awal-awal memulai merintis blog ini (2017). Penulis sendiri hampir setiap hari memperbaharui postingan blog untuk menarik pengunjung. Hasilnya Alhamdulillah bisa saya rasakan. Untuk saat penulis menjadwal minimal 1x seminggu melakukan perbaharuan postingan blog. “blog yang jarang diperbaharui ibarat rumah tak berpenhuni” ungkap salah seorang teman blogger.

Lakukan Optimasi
“Tak kenal maka tak sayang “ istilah yang sering kita dengar, bila dikaitkan dengan blogger, orang tidak akan mengenal blog kita bila tidak kita perkenalkan. Lakukan optimasi secara maksimal untuk meningkatkan pengunjung, disinilah media sosial sangat berperan penting agar blog bisa dikenal orang banyak (pembaca), buat fans page, masuk forum-forum diskusi blog, share ke WhatsApp atau media lain.

jadi, sebelum memutuskan mendaftarkan blog yang dimiliki di Google AdSense pastikan bahwa blog tidak melanggar kebijakan Google AdSense. Selamat mencoba.
Next Post Previous Post
8 Comments
  • Wahyuddin Rosi
    Wahyuddin Rosi June 28, 2020

    salam bloging dari makassar...

    • Badai Timur
      Badai Timur June 28, 2020

      Salam kenal kak. Kebetulan saya orang SulSel juga. Tepatnya Kabupaten Sinjai

  • Krisna Andhita
    Krisna Andhita June 28, 2020

    saya daftar adsene masih review teros

    • Badai Timur
      Badai Timur June 28, 2020

      sabar gan, memang akhir-akhir ini sulit daftar google adsense efek covid-19. tetap lakukan optimasi blog, agar bisa jadi nilai tambah untuk blognya bisa segera diterima.

  • desista chenel
    desista chenel July 06, 2020

    Ia ni gann..ak juga dftr google adsense blo. Juga di acc

    • Badai Timur
      Badai Timur July 07, 2020

      sabar. jangan terburu-buru, tingktkan kualitas postingan gan

  • desista chenel
    desista chenel July 06, 2020

    Susah dftar adsense

    • Badai Timur
      Badai Timur July 07, 2020

      memang saat ini agak susah gan, maklum lagi Covid-19

Add Comment
comment url