PSM MAKASSAR DAN IMPIAN JUARA DIAKHIR MUSIM


Final liga indonesia musim 1999/2000 yang mempertemukan 2 tim yakni PSM Makassar vs Pupuk Kaltim. Dimana saat itu PSM Makassar tampil sebagai juara setelah mengalahkan Pupuk Kaltim dengan skor 3-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. 
Suatu prestasi yang luar biasa, dimana saat itu PSM Makassar salah satu tim mampu mengumpulkan pemain berlabel bintang diantaranya Hendro Kartiko, Bima Sakti, Aji Santoso, Miro Baldo Bento, Kurniawan Dwi Yulianto dan lain-lain. selain itu, pada musim 1999/2000 PSM Makassar juga mencetak prestasi yang membanggakan sebab selama semusim tim Juku Eja hanya mengalami 2 Kali kekalahan. Itulah terakhir kali PSM Makassar merasakan gelar juara Liga Indonesia. Silih berganti pemain bintang keluar masuk namun belum mampu mengulang prestasi itu.
17 tahun bukan waktu yang singkat untuk merasakan kembali gelar juara. Kini harapan untuk merebut kembali kejayaan itu ada didepan mata. Memasuki  pekan 26 jalannya liga Gojek-Traveloka liga 1. PSM Makassar masih berpeluang merebut singgahsana dari gengaman Bhayangkara FC dan keluar sebagai juara diakhir musim.
Namun, Perjalan PSM Makassar untuk merebut juara akan ditentukan disembilan laga sisa musim ini.  Dimulai dengan bertandang ke Jayapura menghadapi tuan rumah Persipura Jayapura, Rabu-27-September-2017. Yah pertadingan yang sarat gengsi mengingat pertandingan ini dilabeli derby Indonesia Timur, selain itu Persipura merupakan salah satu penatang serius PSM Makassar merebut gelar juara. Berkaca pada pertemuan pertama di Makassar, dimana saat itu PSM Makassar berhasil mengalahkan Persipura dengan skor 5-1. Namun Persipura bukan lawan yang mudah dikalahkan bila bermain dikandang sendiri Stadion Madala Jayapura apa lagi dukungan penuh “Persipura Mania” Julukan pendukung Persipura, menambah semangat tim berjuluk Mutiara Hitam. Setelah berhadapan dengan tim Persipura Jayapura. PSM Makassar akan menjamu tim asal Sumatera Barat Semen Padang Fc. Pertandingan akan dijadikan ajang balas dendam. Sebab pada pertemuan pertama di Padang. PSM Makassar harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 2-1.
 Pada pekan ke 28 giliran Borneo FC yang menjadi lawan PSM Makassar selanjutnya. Pertandingan yang akan dilangsungkan diluar kandang Borneo FC sebab borneo sedang menjalani saksi dari kondis PSSI. sekedar diketahui pada pertemuan pertama yang lalu PSM Makassar berhasil mengalahkan tim yang dibela Ponaryo Astaman dengan skor 1-0. Laga yang tak kalah seru akan tersaji pada pekan ke 28 saat PSM Makassar menjamu Persib Bandung. Laga prestisius, laga mantan juara liga perserikatan serta laga balas dendam PSM Makassar. Mengingat pada pertemuan  PSM Makassar harus mengakui keunggulan tuan rumah persib bandung dengan skor 2-1. Setelah menjamu persib bandung. Laga tak kalah berat telah menanti PSM Makassar berhadapan dengan pemuncak klasemen sementara Bhayangkra FC di stdion patriot Bekasi. Ini akan menjadi lagi seru mengingat keduanya kandidat dalam perebutan gelar juara liga Go-jek  traveloka liga 1 sekedar diketahui pada pertemuan petama Bhayangkara harus pulang tertunduk lesu setelah dikalahkan  PSM  Makassar dengan skor 2-1.
 Pada pekan selanjutnya Giliran Persiba Balikpapan yang akan menjadi lawan PSM Makassar di Stadion Andi. Matalatta. Meski Unggul Segalanya. Namun tim berjuluk Beruang Madu tak boleh dipandang sebelah mata, mengingat tim ini sedang berjuang untuk keluar dari jurang degradasi dan laga melawan PSM Makassar bakal dijadikan motivasi. Sekedar diketahui  pada pertemuan pertama yang lalu di Malang  kedua tim harus puas berbagi angka 2-2. Pada pekan 32 giliran Barito Putra yang akan menjamu PSM Makassar di stadion  Stadion 17 Mei, Banjarmasin. Berhadapan dengan tim berjuluk Laskar Antasari, PSM Makassar tak boleh menggap remeh lawannya sebab bermain dihadapan pendukungnya Barito Putra dipastikan memberikan yang terbaik untuk para pendukungnya. Pada pertemuan pertama yang lalu di Makassar kedua tim harus puas berbagi angka 1-1.
Setelah berhadapan dengan Barito Putra, PSM Makassar bakal kedatangan tim  berasal dari Pulau Dewata yakni  Bali United. Salah satu tim yang juga menajadi salah satu pesaing serius PSM Makassar  dalam meraih gelar juara. Saat ini kedua tim hanya berjarak 1 poin hingga pekan ke 25 dimana bali united mengoleksi (49) berada di urutan kedua sementara PSM Makassar yang mengoleksi (48) berada urutan ketiga. Tak bisa dipungkiri laga ini sarat dengan gengsi selain karna keduanya bersaing dalam perebutan gelar juara. Laga ini juga sebagai ajang balas dendam PSM Makassar, mengingat pada putaran pertama yang lalu, PSM Makassar harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 2-0. Setelah menjamu bali united, PSM Makassar kembali akan menjamu tamu dari pulau Madura yakni Madura United di laga pamungkas pekan ke 34 atau laga penutup gojek Traveloka liga 1. PSM Makassar dipstikan bakal memaksimal laga ini karna bermain dihadapan pendukungnya dapat memberikan motivasi lebih buat Pasukang Ramang. Pada putaran pertama yang lalu, Juku Eja harus mengakui keunggulan Madura United dengan skor 1-0.
Sembilan laga yang tersisa (5 Home 4 Away) diputaran kedua ini harus dimanfaatkan secara maksimal oleh PSM Makassar bila ingin juara diakhir musim. Mampukah PSM Makassar mewujudkan impian dan harapan para pecinta sepak bola yang ada di Sulawesi Selatan. Sebab penatian  17 tahun bukan waktu yang singkat untuk menahan dahaga gelar juara. Sudah cukup tahun kita tidak juara, sudah cukup tahun ini kita tidak berpesta. Sekarang Waktunya bawah pulang kembali piala itu ke tanah Sulawesi...!!

Berikut 9 Pertadingan PSM MAKASSAR di musim ini  :
KANDANG

TANDANG
Waktu
STATUS
Persipura
Vs
PSM Makassar
Rabu, 27-09-2017
Away
PSM Makassar
Vs
Semen padang
Senin,02-10-2017
Home
Borbneo fc
Vs
PSM Makassar
Minggu, 8-10-2017
Away
PSM Makassar
Vs
Persib bandung
Minggu,15-10-2017
Home
Bhayangkara
Vs
PSM Makassar
Kamis,19-10-2017
Away
PSM Makassar
Vs
Persiba
Selasa, 24-10-2017
Home
Barito Putra
Vs
PSM Makassar
Minggu,29-10-2017
Away
PSM Makassar
Vs
Bali united
Minggu,06-11-2017
Home
PSM Makassar
Vs
Madura united
Minggu,12-11-2017
Home

*) Bila Memenangkan 9 laga tersisa Poin maksimal PSM Makassar 75 Poin

*) tulisan dibuat saat semua tim belum memainkan pertandingan ke 26


Refenensi : diolah dari berbagai sumber 

Sumber Foto : Oficcial Line PSM Makassar
Badai Timur

Paruh Waktu Blogger Paruh Waktu Pendukung PSM Makassar | Lahir dan besar di salah satu Kabupaten yang menjadi bagian propinsi Sulawesi Selatan. Daerah memiliki julukan Kota Bersatu. Kadang juga disebut Bumi Panrita Kitta.

2 Comments

Previous Post Next Post