TIPS MEMBERSIHKAN LCD LAPTOP

Kesempatan kali ini penulis ini berbagi tips merawat / membersihkan LCD laptop. Seperti kita ketahui LCD merupakan salah satu komponen utama di Laptop. Menjaga agar LCD laptop tetap bersih bukanlah hal sulit. Berikut penulis berikan langkah-langkah membersihkan LCD laptop diantaranya :

Pertama Layar LCD adalah benda yang sangat sensitive seperti kulit lembut dan halus pada bayi. Jadi, hindari tekanan sedikit pun pada layar komputer dengan tangan Anda.

Kedua Gunakan sepotong kain yang lembut, atau saputangan katun bekas pun tidak masalah. Tetapi jangan mencoba memakai kertas tisu gulungan toilet atau bahkan handuk mandi karena akan menggores layar LCD Anda secara permanen.

Ketiga Matikanlah layar LCD untuk melihat seberapa kotor LCD Anda, gunakan pencahayaan yang cukup.

Keempat Siapkan bahan untuk membersihkan layar laptop atau LCD anda selain kain untuk mengelap, Anda akan memerlukan air suling dan cuka/iso-propil alkohol. Jangan menggunakan air keran atau air mineral yang dapat meninggalkan bekas putih di layar karena larutan mineral di dalamnya bisa merusak layar laptop anda.

Kelima Campurkan cuka dengan air suling ( 1: 1 ) dan semprotkan cairan ini pada kain lap. Jangan sekali-kali Anda menyemprotkan cairan langsung ke layar LCD. Basahi kain dengan larutan tersebut secukupnya dan gosok layar LCD dengan lembut dalam satu arah (kiri  kanan atau atas bawah atau sebaliknya). Pastikan layar LCD kering sebelum menutupnya atau memakainya.

Apa yang tidak diperbolehkan saat sedang membersihkan layar laptop?
  1. Jangan sekali-kali menyemprotkan secara langsung cairan pembersih ke layar Ketika kita menyemprotkan cairan pembersih secara langsung ke layar laptop karena dapat sangat berbahaya. Monitor layar datar LED/LCD/ HDTV  atau plasma laptop terbuat dari lapisan bahan kaca, plastik, array elemen, perekat, tampilan yang sangat tipis dan halus. Jika anda memakai cairan pembersih, dan cairan tersebut sampo mencapai tepi layar maka cairan tersebut akan mudah masuk ke dalam layar. Walaupun pada akhirnya cairan itu dapat menguap, namun sisa dari kerusakan tersebut tetap tidak dapat dihindarkan.
  2. Jangan menggunakan cairan pembersih berbahan amonia atau alkohol Menggunakan cairan yang digunakan untuk membersih kaca yang banyak mengandung anomia dan alkohol untuk membersihkan layar dapat berpotensi dapat merusak lapisan pada anti reflective layar laptop anda. Hal ini akan menyebabkan layar menjadi terlihat lebih kabur serta kehilangan ketajamannya. Dan yang lebih parahnya, dapat membuat layar menjadi rusak total.
  3. Jangan menggunakan kain pembersih yang kasar atau kertas tissue Penggunaan tissu yang bertekstur kasar atau kain yang juga kasar dapat dengan mudah menyebabkan atau menimbulkan goresan di permukaan layar laptop anda. Pada umumnya lap atau kain dibuat untuk menghilangkan atau membersihkan kotoran yang berukuran besar atau kasar, bukan debu halus pada permukaan layar laptop. Bila kita memaksa menggunakan lap, yang akan terjadi justru muncul goresan dan juga sisa kain atau tissu tersebut menempel di layar laptop.
Demikian beberapa tips yang dapat penulis berikan mengenai langkah-langkah membersihkan LCD. Semoga memberikan manfaat..!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url