Di Sulawesi Selatan sejak dari dulu hingga
kini, kasus silariang (kawin lari) masih sering terjadi. Walaupun sanksinya
berada di ujung badik bagi sipelaku silariang, namun masyarakat Sulsel
khususnya bagi suku Bugis-Makassar, namun sanksi itu, tak dihiraukan. Selama
cinta bersemi bagi kedua belah pihak, sanksi mautpun akan tetap dihadapi.
Dalam kasus silariang ini tidak jarang, bagi si pelaku dihadang oleh Tumasiri’
(dari pihak keluarga perempuan yang kadang berakhir dengan penganiayaan atau
bahkan pembunuhan bagi sipelaku silariang yang disebut Tumanyala atau
keluarga perempuan yang disebut Tumasiri’.
Bagi suku Bugis Makassar, sejak dari dulu berlaku
hukum adat, khususnya menyangkut masalah siiri atau harga diri. dan disisi lain
berlaku pula hukum positif yang disebut hukum pidana. Kedua hukum yang hidup di
masyarakat ini, dalam hal kasus dilariang saling bertolak belakang. Di satu
sisi, hukum adat mengatakan, membunuh si pelaku silariang dengan
alasan siiri’ tidak bisa dikenakan hukuman, karena ia dianggap sebagai
pahlawan yang membela siri’nya. Disisi lain, dalam hukum pidana , tidak
menerima alasan kalau ada terjadi kasus pembunuhan termasuk alasan
siri’, dan pelakuya bisa dikenakan pasal pembunuhan atau penganiiayaan
dalam KUHP. Lalu bagaimana tinjauan hukum pidana terhadap adanya pembunuhan
atau penganiayaan dalam kasus silariang?Silariang adalah perkawinan yang
dilakukan antara sepasang laki-laki dan perempuan dan keduanya sepakat
untuk melakukan kawin lari. Jadi disini yang dimaksud laki-laki dan permpuan,
tidak terbatas pada kaum pemuda dan pemudi yang belum beristri, tetapi
juga berlaku bagi laki-laki dan perempuan yang sudah kawin.
Apakah mereka kawin lari sama-sama anak muda atau kedunya sudah kawin
atau yang satu sudah kawin yang satu lagi belum beristri atau suami.Sulain
itu, ada juga satu jenis kawin yang dinamakan Nilariang.
Kalau kasus Silariang ini dilakukan atas kata
sepakat bagi kedua pelaku silariang untuk lari bersama untuk kawin,
maka dalam kasus Nilariang ini, kehendak untuk kawin lari, datangnya dari
pihak laki-laki. Kalau kehendak kawin lari datangnya dari pihak laki-laki,
maka itu berarti, perempuan yang akan dilarikan itu dilakukan
secara paksa atau tipu muslihat.Jenis lainnya dari silariang
adalah, ada yang dinamakan kawin Nilari atau Erang Kale. Pada kasus
kawin Erang kale atau Nilari ini datangnya dari pihak
perempuan. Perempuan itu lari ke rumah imam, lalu menunjuk laki-laki yang
pernah menggaulinya. Dengan demikian, laki-laki yang ditunjuk itu harus
bertanggung jawab atas perbutannya untuk mengawini perempuan yang menunjuknya.
Biasanya , kalau tidak ada laki-laki yang mau bertanggung jawab, maka biasanya,
ditunjuk laki-laki yang mau secara sukarela mengawini perempuan
tersebut. Perkawinan seperti ini disebut Pattongkok siiri’ (penutup
malu).Ada juga kasus yang dilakukan oleh gadis atau perempun yang
sudah beristri dengan jalan lari ke rumah imam tanpa ada laki-laki yang
ditunjuk untuk mengwininya. Wanita itu mungkin sudah hamil, tapi ia tidak
tahu laki-laki mana yang ditunjuk bertanggung jawab. Disisi lain, pihak
keluarganya juga mempertanyakan kehamilannya, dan siapa laki-laki yang
menghamilinya. Untuk menyelamatkan jiwa perempuan itu, biasanya ia
lari ke rumah imam untuk minta perlindungan dan mencarikan solusinya. Biasanya,
pada kasus ini, ditunjuk laki-laki mana saja yang mau menikahinya, setelah itu
apakah mereka meneruskan parkawinan atau cerai, yang penting sudah
ada laki-laki yang mau bertannggung jawab. Peristiwa semacam ini
disebut Annyala Kalotoro yakni perempuan kawin lari tanpa
ada laki-laki yang bertanggung jawab.Ada pula jenis perkawinan yang sangat
dibenci oleh masyarakat, karena terkait dengan adanya hubungan darah yang
sangat dekat, misalnya antara ayah dengan putrinya, ibu dengan putranya atau
sesama saudara. Perkawinan seperti ini oleh orang Makassar disebut Salimara.
Kalau kasus silriang, nilariang atau Erang Kale masih ada jalan keluarnya, yakni setelah mereka dinikahkan, maka persoalan sebagai suami istri sudah selesai. Tetapi pada kasus Salimara, merupakan kasus yang tak berujung. Keduanya sulit dikawinkan, karena terikat hubungan darah yang terlalu dekat. Pada kasus Salimara ini, pada zaman dulu, biasanya kedua pelaku Salimara dikenakan hukuman niladung. Hukuman Niladung adalah kedua pelaku itu diikat, lalu digantung batu sebagai pemberat, lalu keduanya ditenggelamkan ke tengah laut atau sungai hingga mati.Ada kepercayaan dari masyarakat Bugis Makassar tentang adanya kasus ini. Bila ada kasus Salimara terjadi di sebuah kampung, maka itu menurut kepercayaan masyarakat, nasib sial yang akan melanda kampungnya dan seluruh warga dalam kampung itu akan merasakan akibatnya, misalnya tanaman rusak, ikan pada menghilang di kali, hewan piaraan mati dan penyakit akan melanda masyarakat. Dari pada seluruh masyarakat merasakan akibatnya, itulah sebabnya, masyarakat setempat harus melenyapkan kedua pelaku salimara tersebut dengan jalan Niladung.Baik kasus Silariang, Nilariang, Erang Kale atau Nil;ari, Annyala Kalotooro dan Salimara, semuanya itu berkibat siri’ (malu) bagi pihak keluarga perempuan. Siri’ disini bukan hanya diartikan sebagai malu-malu, tetapi lebih mendalam lagi, siri’ merupakan harga diri, kehormatan atau martabat sebagai seorang manusia yang beriman dan bertaqwa pada Allah SWT.Menurut budayawan Makassar, H,. Abd Haris Dg Ngasa, bahwa arti Siri’ itu merupakan akronim dari kata Sikedde Rinring (sedikit atau tipis dinding). Ini berarti martabat atau sifat antara manusia dan binatang dinding atau pembatasnya sangat tipis. Itulah sebabnya, ada orang yang wujudnya seperti manusia, tapi perbuatannya seperti binatang. Dikatakan perbuatannya seperti binatang, karena mereka melakuklan hubungan badan tanpa nikah sama dengan binatang. Kata orang Batak Amanimanuk (kawin seperti ayam). Jadi disini, dinding pembatas antara sifat manusia dan binatang sangat tipis.Dengan alasan Siri’ inilah, mak kasus membela harga diri bagi suku Makassar tidak bisa lagi ditolerir. Dalam hukum adat mengharuskan pada seseorang yang merasa dipermalukan (dari pihak keluarga perempuan) untuk menegakkan siiri’ keluargnya. Dan biasanya berakhir dengan pembunuhan atau penganiayaan.Keluarga dari pihak perempuan, setelah mendengar anaknya mel;akukan silariang, mereka akan menemui kaluarganya untuk Appala Siri (minta bantuan pada keluarga untuk menegakkan siiri’nya). Pihak keluarga yang tahu bahwa anak kemenakannya itu silariang maka mereka siap-siap mengambil tindakan, bilamana di suatu saat atau di suatu tempat ketemu orang yang melarikan anaknya, mereka bisa menindakinya, baik dengan cara mengusir, memukul atau tidak sedikit diantara pelaku silariang ini menemui ajalnya di ujung badik.Sebaliknya bagi pelaku Silariang, mereka juga melakukan kawin Silariang, karena beberapa alasan, antara lain, karena pinangannya ditolak, mungkin ditolak karena perbedaan strata sosial, karena miskin atau karena punya istri atau alasan lainnya. Mereka melakukan kawin silariang dengan tekad yang bulat, yakni muntuk membentuk keluarga. Walaupun mereka tahu, bahwa ini mengandung resiko yang sangat berat, yakni bisa saja kedua-duanya celaka mati di ujung badik dari tangan pihak keluarga perempuan yang disebut Tumasiri’.Walau rintangan sebert itu menghadang, tapi bagi pelaku silariang yang disebut Tumannyala, tak gentar menghadapinya., apapun resikonya, termasuk maut. Para pelaku silariang, khusunya laki-laki, biasanya ia selalu siap sedia senjata tajam dengan menyelipkan badik di pinggangnya, kemanapun ia pergi. Ini dimaksud, bila mana suatu saat mendapat tantangan maka ia melakukan pembelaan diri.Walaupun sanksi yang ditetapkan pada pelaku Silariang atau Tumannyala ini sangat berat, akan tetapi Hukum Adat Makassar juga memberikan batasan pada Tumasiri’ untuk mengambil tindakan pada Tumannyalanya. Para Tumasiri’ tidak bisa mengambil tindakan sembarangan.
Mereka
harus mengetahui di tempat mana yang boleh atau tidak boleh melakukan
tindakan.Dalam hukum Adat Makasar, batasan bagi Tumasiri’ untuk
memngambil tindakan dibatasi dalam hal-hal: Bilamana Tumasiiri’ memburu
Tumannyala, kemudian Tumannyala melemparkan apa yang melekat di badannya,
misalmnya songkok atau baju masuk dalam pekarangan orang lain, atau kalau
berada di pematang sawah di buruh kemudian menghindar turun ke sawah, maka itu
berarti Tumannyala dianggap sudah minta perlindungan. Dan kalau
Tumannyala sudah minta perlindungan seperti itu, maka Tumasiri’ tak boleh lagi
melakukan tindakan pada Tumannyalanya. Dalam Hukum Internasional, hak hak minta
perlindungan disebut hak suaka atau hak asyil.Antara Tumannyala
dan Tumasiri’ ini bagaikan kucing dan anjing. Tak bisa akur selama dalam
proses silriang. Akan tetapi, bila pelaku Silariang ini, meminta rela
kepada kedua orang tua perempuan dan disetujui, maka selanjutnya
dilakukan acara damai yang disebut Abbaji. Bilamana sudah ada
acara Abbaji ini, maka anak yang anak atau kedua pelaku silariang ini,
tadinya dianggap musuh bersama dari pihak keluarga perempuan, kemudian,
berbalik seratus persen. Kedua pelaku silariang itu sudah dianggap
anak. Bila sudah ada acara Abbaji, maka tidak ada lagi namanya Tumasiri’ dan
Tumannyala, sanksi adatpun tidak bisa diperlakukan..Dalam Hukum pidana (KUHP)
kalau menyangkut masalah nyawa seseorang, terutama menyangkut masalah
penganiayaan atau pembunuhan, maka tidak ada satu alasanpun
untuk melakukannya, termasuk alasan siri’ mereka bisa dikenalan hukuman
pidana penjara.Bagi para Tumasiri’. Bila sudah mendengar berita, bahwa anaknya
atau keponakan atau sanak keluarganya melakukan silariang, mereka
dituntut oleh hukum Adat untuk menegakkan siri’nya. Sebab kalau tidak
bertindak, mereka dicap oleh masyarakat sebagai ballorang (alias
penakut). Tertapi mereka harus berani, tampil sebagai pembela martabat
keluarga.Dalam ungkapan orang Makassar ada yang disebut Eja
Tonpi sen Na Doang (nanti merah baru terbukti udang). Maksudnya,
penegakan siri’ itu memang banyak resiko, terutama membunuh dan
akhirnya masuk penjara. Tetapi resiko seperti itu, tidak terpikirkan dulu.
Nanti kalau sudah berhasil menegkkan siri’ barulah terbuklti bahwa udang itu
kalau sudah dimasak merah.Kemudian ada pula istilah yang mengatakan, bahwa
orang Makassar itu kalau menegakkan siri, luka tusuk senjata tajam
itu, bukan berada di belakangnya, tetapi harus ada dimuka.
Kalau luka tusuk berada di belakang badan ,itu berarti pengecut atau
penakut, tapi kalau luka ada di bagian depannya, itu berarti
pemberani. Dalam ungkapan orang Makassar disebutkan Tiai Mangkasara
punna Bokona Loko’ (bukan orang Makassar kalau bagian belakang badannya
terluka).Inilah yang disebut Tubarani.Bagi Tumannyala (pelaku silariang),
juga bertekad, resiko apapun yang menimpa dirinya, harus mereka jalani,
termasuk maut demi mendapatkan si buah hati belahan jantung. Mati
itu urusan Tuhan, tapi semangat untuk menyatukan dirinya dengan
gadis pelihannya tak bisa dibendung, walau itu maut sekalipun. Cinnaku
Cinnana pakkekkepa pasisa’laki (Cintaku dan cintanya, hanya linggislah
yang bisa memisahkannya). Begitu eratnya cinta kedua Tumannyala, sehingga
mereka nekad kawin lari.Bagaimana dalam hukum pidana?. Pada kasus Silariang,
tindak pidana yang banyak terjadi adalah, kasus pengniayaan dan kasus
pembunuihan. Kadang Tumasiri’ bila menemukan Tumannyalanya di suatu
tempat, misalnya di jalanan, mereka sering memburuh Tumannyalanya, dan bila
Tumannyala tidak mendapat perlindungan, biasanya terjdi perkelahian. Kalau ada
orang yang melerai, mungkin nyawa salah satu pihak masih bisa
diselamatkan, maka dalam hal ini dapat dikenakan pasal penganiayaan (351 KUHP),
tapi kalau mereka membawa senjata tajam dan tidak ada yang melerainya, maka
biasanya kasus ini berakhir dengan maut atau pembunuhan, maka si pelaku
dapat dikenakan pasal pembunuhan yakni pasal 340 KUHP untuk pembunuhan berencna
dan pasal 338 tentang pembunuhan biasa.Selain itu, dalam kasus silarian,
tentunya kedua belah pihak, baik Tumannyala maupun Tumasiri’
keduanya selalu siap senjata tajam berupa badik yang terselip di
pinggangny. Ini juga melanggar pasal dalam Undang-undang Darurat tahun
1957.Kemudian pada kasus silariang, karena ini dilakukan atas kesepakatan
kedua belah pihak yang mau kawin lari, maka dalam KUHP tidak ada satu pasalpun
yag melarang mereka untuk kawin lari. Kecuali dalam agama, biasanya pada
kasis Silariang ini, sebelumnya disertai dengan perzinahan, maka kasus
sin itu melanggar aturan agama Islam.Untuk kasus Nilariang, ini dapat
dikenakan pasal dalam KUHP, sebab pihak perempun itu dipaksa untuk kawin
dengan cara menculik atau tipu muslihat. Pihak laki-laki yang melakukan kawin
Nilariang ini dapat dikenakan pasal penculikan atau pasal penipuan.Dari
aspek sosial, pada kasus silariang ini, merupakan aib bagi keluarga kedua
belah pihak, baik keluarga laki-laki lebih-lebih bagi keluarga perempuan yang
merasa sangat dipermalukan oleh ulah anaknya. Masyarakat mencelh
perbuatan ini dan mencapnya sebagai orang yang tak mampu mendidik anak-anaknya,
serta menyalahi aturan adat dan agama.
Demikian pembahasan penulis mengenai tradisi yang
terjadi di masyarakat bugis makassar yang
disebut silariang atau kawin lari. Semoga tulisan ini menambah pengetahun para
pemabaca mengnai tardisi atau budaya ada di masyarakat bugis-makassar.!
Tags:
Budaya
Budaya Indonesia memang sangat beragam dan kaya, sayangnya kita kurang peduli dengan semua itu.