MENGENAL MINUMAN KHAS SINJAI

Beberapa postingan penulis selalu membahas mengenai objek wisata yang ada di Kabupaten Sinjai. dan jika sedang berwisata di Kabupaten Sinjai tak lengkap rasanya jika tidak menikmati minuman khas yang ada di Kabupaten Sinjai. Orang-orang sering menyebutnya dengan nama “MiNAS” yah Sepintas minuman ini memang mirip dengan minuman penambah energi yang dijual di pasaran, warnanya kuning terang dengan tekstur yang agak kental. Minas memang minuman penambah energi. Bahan utama minuman ini  adalah tape singkong yang dicampur madu, susu dan telur bebek.  Namun, meski telah dicampur telur bebek minuman ini sama sekali tidak beraroma anyir seperti lazimnya aroma telur. Aroma tape singkong memang terasa, tapi tidak terlalu menyengat karena bercampur dengan aroma susu yang lebih dominan. Meski semua orang tahu bahan dasarnya tapi ternyata tetap ada resep rahasia yang disembunyikan oleh pembuatnya.
Karena bahan utama minuman ini terbuat dari fermentasi singkong maka minuman ini tidak tahan lama, menurut pembuat Minas  kalau ditaruh di freezer maka maksimal bisa tahan selama seminggu, kalau hanya di kulkas biasa maka maksimal hanya tahan 3 atau 5 hari. Kalau sama sekali tidak dimasukkan dalam pendingin maka tentu daya tahannya lebih rendah lagi. Minas juga sangat tidak disarankan untuk dibawa keluar kota Sinjai tanpa ditaruh di cooler atau pendingin khusus. Minas yang dikemas dalam botol air mineral ukuran sedang ini bisa meledak sendiri karena tidak tahan panas.
Menikmati minas memang paling pas sehabis menyantap ragam olahan laut, apalagi di malam hari selepas beraktifitas atau berjalan jauh. Minuman berwarna kuning ini jadi salah satu kekayaan kuliner Sinjai yang khas dan pantas untuk dicoba jika menginjakkan kaki di kota ini. 

Jadi jika anda sedang berada di kabupaten sinjai atau merencanakan ke kabupaten sinjai jangan lupa menyicipi minuman khas daerah ini. Atau dapat juga dibawah pulang sebagai buah tangan untuk sanak famili di rumah. Jadi tunggu apa lagi..!!    –AYO KE SINJAI-


Next Post Previous Post
3 Comments
  • Aorlin
    Aorlin March 18, 2019

    Terbuat dari fermentasi singkong dan mecem2 lagi, apa gak ada kandungan alkoholnya ini mba??

    • Burhan Abdullah
      Burhan Abdullah October 18, 2019

      Tidak, justru asal usulnya minas dibuat karena muslim berpantang alkohol #bantujawab

  • Tomy Agung
    Tomy Agung May 20, 2021

    salam kenal kak

Add Comment
comment url