HUTAN MANGROVE TONGKE-TONGKE



pada kesempatan ini  penulis ingin membahas sedikit mengenai salah satu objek wisata yang ada di tanah kelahiran penulis. Di Kabupaten Sinjai provinsi Sulawesi Selatan memiliki objek wisata yang menjadi favorit dikunjungi oleh wisatawan baik dari sinjai. maupun dari luar kota. kawasan Hutan Mangrove Tongke-Tengke demikian tempat ini dinamakan.  

Kawasan wisata hutan mangrove ini berada di desa Tongke-Tongke Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Untuk menuju kawasan wisata ini para pengunjung bisa menggunakan transportasi darat dari pusat kota Sinjai. Jaraknya hanya sekitar 7 km dari pusat kota Sinjai. Kawasan wisata ini menghadirkan nuansa alam dengan panorama yang indah.

Hamparan hutan mangrove seluas ratusan hektare langsung tersaji dan dapat dinikmati sejuknya, melalui jembatan kokoh dari kayu ulin, membentuk lorong-lorong panjang yang saling terhubung satu sama lain. Kesejukan dan kesegaran akan bertambah ketika tiba di ujung jembatan ditepian pantai, lalu berbaliklah menikmati hamparan hutan hijau di sepanjang pantai, sejauh mata memandang.

Sekedar di ketahui saja Kawasan hutan mangrove ini memiliki luas sekitar luasnya 173,5 hektar dan merupakan salah satu kawasan hutan mangrove terbesar yang ada di sulawesi selatan di jadikan salah satu Kawasan Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove. pada tahun 2014 silam. tempat ini pernah di kunjungi oleh menteri kelautan dan perikanan Republik Indonesia ibu susi pudjiastuti.

Jika ingin menikmatinya lebih jauh, tersedia perahu nelayan yang akan mengantar memasuki selah-selah hutan melalui sungai-sungai kecil yang teratur. Beberapa Cafe terapung tidak sekedar mampu menghilangkan rasa lapar dan dahaga, tapi tambahan ayunan cafe seirama hempasan gelombang sambil memandang birunya laut yang tak berbatas, indahnya gugusan Pulau Sembilan, dan hijaunya hamparan mangrove. Memandang indahnya panorama tersebut secara bergantian bisa membuat lamanya waktu terlupakan.

Untuk masuk dalam kawasan hutan mangrove ini, pengunjung tidak dikenakan bayaran alias gratis. Hanya membayar biaya parkir jika membawa kendaraan. Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

semoga tulisan ini menambah refensi pembaca  bila ingin menghabisakan waktu liburan bersama keluarga. Jangan lupa berkunjung ke Kawasan Hutan Mangrove Tongke-tongke Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan. Dijamin tempat ini  akan memanjakan mata pembaca..!!

-AYO KE SINJAI- 
Badai Timur

Paruh Waktu Blogger Paruh Waktu Pendukung PSM Makassar | Lahir dan besar di salah satu Kabupaten yang menjadi bagian propinsi Sulawesi Selatan. Daerah memiliki julukan Kota Bersatu. Kadang juga disebut Bumi Panrita Kitta.

3 Comments

Previous Post Next Post