Mengoptimalkan Kerja RAM

Seperti kita ketahui bersama Memori RAM salah satu elemen sangat vital keberadaannya dalam komputer/laptop sangat dibutuhkan. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Ia berfungsi untuk menyimpan data dan instruksi sementara, dan diakses secara random untuk di eksekusi oleh processor atau inti komputer.

keberadaan RAM sangat mempengaruhi kinerja sebuah komputer/laptop. Baik buruknya performa sebuah komputer/laptop. tentu saja akan tergantung seberapa besar memori RAM yang digunakan dan seberapa bagus dukungan dari processor itu sendiri. Memori RAM berbeda dari memori HardDisk. RAM hanya bisa menyimpan data sementara, sedangkan HardDisk lebih bersifat permanen dalam menyimpan data. Sehingga bila kita mematikan komputer maka data yang ada pada RAM secara otomatis akan ikut hilang.


Keberadaan RAM sangat membantu cpu dalam mencari data secara random untuk di proses. Jadi dengan RAM anda akan mampu menyimpan semua data dan instruksi sementara, baik itu data dari jalannya sistem Windows, aplikasi yang sedang terbuka, dan lain-lain.berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja RAM pada komputer/laptop :


1. Jangan Membuka Aplikasi Berlebihan

RAM akan menyimpan semua instruksi yang dijalankan oleh aplikasi yang terbuka. Jadi, jika anda membuka banyak aplikasi secara bersamaan akan membuat penggunaan kapasitas RAM semakin besar atau bahkan over.
Misalnya saja memori RAM anda hanya sebesar 2 GB, namun anda menjalankan banyak tab di browser internet, memainkan game, membuka aplikasi berat dan lainnya.
Hal ini akan membuat kinerja RAM menjadi berat  komputer/laptop akan berjalan lambat atau bahkan hang. Untuk itu bukalah aplikasi yang penting saja, sesuaikan dengan kemampuan komputer anda.

2. Monitor Penggunaan RAM Lewat Task Manager

Dari sini kita dapat melihat bagaimana RAM bekerja dan menjalankan prosesnya. Kita bisa mengaksesnya dengan menekan ctrl+shift+esc dari keyboard komputer.
Perhatikan penggunaan kapasitas RAM dan aplikasi yang terbuka. Melalui task manager anda bisa menutup apkikasi yang tidak perlu untuk meringankan kinerja RAM dan memberikan ruang kosong agar performa komputer tetap optimal.




Tampilan Task Manager

3. Kurangi Penggunaan Grafik
Color quality mempengaruhi beban RAM yang digunakan. Semakin tinggi kualitas color maka kinerja RAM semakin berat. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan RAM kita bisa menurunkan color quality.Misalkan jika sebelumnya kita menggunakan 32 bit, kita bisa menurunkannya menjadi 16 bit. Untuk melakukannya kita bisa mengklik kanan, pilih properties, pilih setting, dan pilih 16 bit pada color quality.Penggunaan grafik thema juga akan membuat RAM bekerja ekstra, untuk itu hindari penggunaan tampilan grafik yang over. Dengan demikian kinerja RAM akan tetap optimal dan membuat kinerja komputer Anda tetap melejit.

4. Mengatur Startup

Aplikasi ini secara otomatis berjalan ketika kita menghidupkan pc. Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan maka kinerja startup juga akan semakin berat sehingga proses lebih lambat.




Tampilan System Configurasi

Cara untuk mengurangi beban kerja startup sekaligus mengoptimalkan RAM bisa dilakukan dengan cara men-disable startup. Untuk pengguna windows 7 kita bisa membuka Task Manager terlebih dahulu. Kemudian tekan Win+R dan ketik msconfig. 


5. Lakukan Upgrade RAM


Untuk tetap membuat komputer optimal, pada spek memori yang kecil seperti 1 GB RAM anda bisa ugprade mejadi 2GB RAM, 4GB RAM atau bahkan RAM 8GB. Dengan melakukan upgrade RAM maka komputer/laptop kamu akan super fast.


Demikian sedikit pembahasan penulis mengenai bagaimana mengoptimalkan Kerja RAM. Semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url