Kredibilitas dan Etika Profesional Blogger Dalam Menyajikan Artikel Positif

Kapan pertama kali menekuni dunia blogger.? salah satu pertanyaan yang sering penulis dapatkan dari orang-orang. Ketertarikan penulis dalam dunia blog berawal dari bangku kuliah saat ikut pelatihan jurnalistik,ya berbekal ilmu dasar jurnalistik (5W+H1) penulis mulai menekuni dunia blogger. Dunia yang unik,  banyak hal yang penulis dapatkan setelah sekian lama. Terlebih saat sekarang. aktivitas ngeblog menjadi "tameng" bagi penulis dari dampak keterbukaan arus informasi.


logo komunitas Bloggercrony

Menumbuhkan sikap kredibilitas dan Etika Profesional 

Di era keterbukaan informasi seperti saat ini, begitu mudahnya berita hoax bertebaran, blogger sendiri dapat mengambil peran sebagai filter dari begitu derasnya arus informasi dalam hal ini mengedikuasi masyarakat melalui artikel positif yang diterbitkan. Dimana secara tidak langsung hal ini dapat menumbuhkan sikap kredibilias seorang blogger. Berapa hal yang dapat menumbuhkan kredibilitas dan etika profesional seorang blogger di antaranya :    

- menyajikan fakta

- menghindari plagiasi

- semangat berbagi manfaat 

- bersikap sportif dalam mengikuti lomba blog 


Mengembangkan Diri lewat komunitas blog 

Berawal dari live di Instagram penulis mengenal satu komunitas blogger Bloggercrony Indonesia namanya. Dimana komunitas ini mengusung konsep "Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional". Beragam program yang dihadirkan komunitas ini diantaranya Blogger hangout, blogger  care, Blogger preneur, serta blogger day. tentunya sangat bermanfaat bagi penulis untuk terus Skill Set.

Bergabung dalam komunitas Bloggercrony Indonesia bagi penulis sangat memberi dampak yang luar biasa. Dimana penulis bisa mengenal Blogger Indonesia dengan beragam karakter tulisan yang mereka terbitkan, menumbuhkan sikap percaya diri, melatih diri untuk Skill Set up, menambah referensi bahan bacaan. Dari hal ini penulis membuat satu program "One Day One Artikel" dimana setiap harinya penulis menyempatkan membaca artikel-artikel yang diterbitkan #bbcsquad. Selain itu, kepercayaan diri penulis untuk ikut lomba-lomba blog perlahan meningkat yang sebelumnya sama sekali tidak pernah ikut serta dalam lomba blog. selain itu, bergabung di komunitas melatih diri konsisten menulis terlebih di dukung banyaknya sumber referensi dari #bbcsquad.


piagam penghargaan saat pertama kali ikut lomba blog

Salah satu kegiatan yang ditunggu tiap tahun oleh #bccsquad sebutan anggota komunitas bloggerclony  apalagi kalau bukan  Bloggerday. Bloggerday merupakan kegiatan rutin yang diadakan setahun sekali dalam rangka memperingati hari jadi Komunitas Bloggercrony Indonesia. Lebih tepatnya setiap tanggal 24 Februari. 


pamlet kegiatan Kick Off bloggerday sumber foto : bloggerclony 

Blogger Day 2023 kali ini mengusung tema  #SkillSetUp. ada yang berbeda pada kegiatan blogger day tahun ini, pada kesempatan kali ini  diadakan dengan konsep hybrid  (online dan ofline). Kegiatan online berlangsung 24 Februari diikuti 100 blogger terpilih. Penulis sendiri begitu antusias menyambut kegiatan ini. Maklum kali pertama ambil bagian sejak pertama jadi bagian #bccsquad. Beragam kegiatan dihadirkan dalam rangkaian "Kick Off" Blogger Day. Diskusi singkat bersama pengawas Bloggercrony Anwari Natari mengangakat tema pemetaan#SkillSetUp Blogger Indonesia. Tak lupa beliau mengingatkan #bccsquad untuk menjunjung tinggi Knowledge, skill and Attitude (KSA). 

dokumentasi peserta Kick Off bloggerday sumber foto : bloggerclony

Konsistensi adalah kunci 

Dan pada Akhirnya  Kredibilitas dan Etika Profesional seorang Blogger akan perlahan tumbuh sering berjalannya waktu. Selain itu, dapat pula terlihat bagaimana mana ia menyajikan informasi yang mengadung manfaat di tengah khalayak. 

Ingin tau lebih banyak seputar aktivitas Komunitas Bloggercrony Indonesia yuk  follow akun Instagram resmi @bloggercrony serta Twitter resmi @bloggercrony. Bila Pembaca ingin menjadi bagian Komunitas Bloggercrony  di sini 


Badai Timur

Paruh Waktu Blogger Paruh Waktu Pendukung PSM Makassar | Lahir dan besar di salah satu Kabupaten yang menjadi bagian propinsi Sulawesi Selatan. Daerah memiliki julukan Kota Bersatu. Kadang juga disebut Bumi Panrita Kitta.

Post a Comment

Previous Post Next Post